PALEMBANG

Sebabkan Kemacetan, Polrestabes Palembang Siap Tangkap Backing Parkir Liar

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Polrestabes Kota Palembang untuk tahap awal ini telah memetakan setidaknya ada 10 titik parkir liar yang menjadi penyebab kemacetan.

Polrestabes Palembang juga siap menindak juru parkir (jukir) termasuk Backing aparat dan sebagainya lantaran bertindak ilegal.

Hal tersebut diungkapkan dalam rapat koordinasi penertiban parkir liar dan kemacetan di Kota Palembang bersama Polrestabes, Selasa (23/4/2024).

Kapolrestabes Kota Palembang, Kombes Pol Haryo Sugihartono mengatakan, tindakan dari parkir liar ini termasuk dari pungli, jika peringatan tidak diindahkan, maka akan ditindak dengan penangkapan dan penjatuhan sanksi berat.

“Tak hanya jukir, termasuk mereka yang menjadi ‘backing‘, jika pun itu itu dari aparat akan saya tangkap,” katanya.

Parkir liar menjadi salah satu penyebab kemacetan di Kota Palembang. Selain berdampak buruk pada lalulintas, parkir liar juga tidak masuk dalam retribusi daerah/ Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita mencoba memetakan persoalan tersebut (kemacetan dan parkir liar),” katanya.

Lihat Juga :  Resmikan Gedung Kantor Samsat dan UPTB PPD di Palembang dan OKI, PJ Gubernur Sumsel Sampaikan Hal Ini

Polrestabes Palembang setidaknya telah memetakan 10 lokasi parkir liar yakni di Jalan MP Mangkunegara (JM Kenten), Jalan Jenderal Sudirman (RSUD Moh Hoesin/ KFC), Jalan Mayor Salim Batubara (Sekip Bendung), Jalan Letkol Iskandar (depan PIM), Simpang Sungki (depan Pasar Sungki), Jalan Kolonel Burlian (depan Pasar KM 5), Jalan Jenderal Sudirman (depan MTS Negeri 1), Jalan R Soekamto (depan PTC Mall), Jalan Yos Sudarso (Pasar Lemabang), dan Jalan Jenderal Sudirman (Cinde sampai Air Mancur).

Berdasarkan data dari Satlantas ada 12 titik lokasi rawan macet yang ada di kota Palembang, yaitu Jalan Kolonel H Burlian di depan Pasar Km 5, Jalan Sutan M Mansyur Jembatan Musi 6, Jalan KH Azhari Jembatan Musi 4, Jalan M Isa simpang Tanah Tinggi, Jalan Basuki Rahmat Depan RM Pagi Sore, Jalan MP Mangkunegara simpang Seduduk Putih.

Kemudian, Jalan R Soekamto di pembantu Flyover Simpang Angkatan 66, Jalan AKBP Cek Agus Simpang Taman Kenten, Jalan Jendral Sudirman Depan Bundaran Air Mancur Ampera, Jalan Letkol Iskandar depan PIM, Jalan Jendral Sudirman di Perputaran LIA, dan Jalan Jenderal Sudirman depan TMP.

Lihat Juga :  195,917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit

Penyebab kemacetan ini karena penyempitan jalan, jam kerja dilakukan saat jam ramai, pembangunan yang berlangsung (flyover), jalur kendaraan crossing, keluar masuk kendaraan (dari resto seperti Jalan AKP Cek Agus), volume kendaraan tinggi, keluar masuk kendaraan (dari RSMH) ataupun kendaraan yang berputar bukan dari tempatnya.

Lalu di Jembatan Musi IV karena ruas jalan kecil di Jalan KH Azhari (sesudah dan sebelum jembatan), tidak ada akses yang langsung menembus ke Jalan Ahmad Yani.

“Sehingga Jembatan Musi IV ini tidak bisa menjadi pembagi volume kendaraan di Jembatan Ampera,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Agus Supriyanto.

Menurutnya, Dishub sudah berupaya dengan menggunakan aplikasi barcode tapi tidak berhasil.

“Di tengah perjalanan aplikasi dihack dan kami kembali ke manual, kami juga berencana pakai QRIS dengan bank BSB dan lainnya,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.