Uncategorized

Cara Mengeluarkan kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

SIBERNAS.com– Kotoran telinga terkadang seperti menjadi masalah besar sehingga dibersihkan secara rutin, dan bahkan membersihkan nya dengan alat yang  tidak dianjurkan oleh dokter sehingag muncul masalah baru.

Perlu diketahui kotoran telinga atau serumen umumnya berbentuk gumpalan lunak yang merupakan produksi alami dari kelenjar minyak di liang telinga. Gumpalan ini sebenarnya tidak berbahaya dan justru berfungsi untuk melindungi telinga, memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, dan menjaga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Membersihkan kotoran telinga sering kali dikorek menggunakan cotton bud. Sayangnya, cara ini dinilai kurang tepat karena berisiko mendorong kotoran jadi lebih ke dalam.

Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini terdapat cara mengeluarkan kotoran telinga tanpa di korek yang bisa Anda coba.

  1. Usap pakai kain lembut

Mengutip Medical News Today, kotoran telinga dapat dibersihkan memakai kain waslap lembut yang sudah direndam menggunakan air hangat.

Anda dapat mengeluarkan kotoran telinga setelah mandi, sebab kotoran ini dapat keluar dengan sendirinya sehingga mudah terlihat dari ujung lubang kuping.

Setelah kotoran telinga berhasil dikeluarkan, jangan lupa membersihkan area daun telinga di sekitarnya.

  1. Pakai obat tetes telinga

Apabila kotoran telinga Anda sudah mengeras sebaiknya dibersihkan menggunakan obat tetes khusus.Obat tetes telinga berfungsi melunakkan kotoran yang keras supaya lebih mudah keluar untuk dibersihkan.

Anda dapat membeli obat tetes telinga yang dijual bebas di apotel tanpa perlu resep dokter. Kemudian ikuti petunjuk pemakaian sesuai saran di kemasan.

 Perawatan ke dokter THT

Merujuk WebMD, jika merasa ragu untuk mengeluarkan kotoran telinga sendiri, tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan ke dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Umumnya dokter THT akan menggunakan berbagai metode yang menyesuaikan kondisi kotoran. Ada metode irigasi telinga yang memakai larutan saline lalu disemprot ke telinga.

Atau metode microsuction yang menggunakan alat khusus untuk menyedot kotoran telinga supaya keluar.

Biaya membersihkan telinga ke dokter THT relatif terjangkau. Mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu, tergantung fasilitas kesehatan yang dipilih dan kondisi telinganya.

Bahaya Mengorek Telinga Sembarangan

Mengapa telinga tidak boleh dikorek sembarangan? Sebab, bagian dalam telinga ini terdiri dari banyak selaput yang sangat sensitif.

Selain itu, membersihkan kotoran telinga dengan kapas atau cotton bud, berpotensi merusak dan membuat iritasi saluran telinga hingga menusuk gendang telinga.

Menurut beberapa penelitian, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu sering mengorek telinga atau membersihkannya setiap minggu.

Kotoran telinga memiliki manfaat lain, yaitu bisa melumasi dan melindungi telinga Anda. Bahkan membantu mengurangi risiko infeksi telinga karena bersifat antibakteri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *