PALEMBANG

PT. ASDP Indonesia Ferry dan Smile Train Indonesia Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis Bagi Masyarakat Palembang

Sibernas.com, Palembang-Smile Train Indonesia, organisasi nirlaba terbesar di dunia yang berfokus pada bantuan perawatan bibir sumbing dan celah langit-langit mulut, kembali memperluas kemitraannya untuk menjangkau lebih banyak pasien dengan bibir sumbing dan/atau sumbing langit-langit di Indonesia melalui kerjasamanya dengan PT ASDP Ferry Indonesia.

Kali ini, Smile Train Indonesia bersama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi memberikan operasi gratis bibir sumbing kepada 200 anak pada acara bakti sosial bertajuk “Anak Indonesia Tidak Seharusnya Hidup dengan Bibir Sumbing”.

Pada kesempatan yang sama, Smile Train Indonesia dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sekaligus meresmikan pemasangan poster pada pelabuhan ASDP Indonesia Ferry, yang diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pasien bibir sumbing yang membutuhkan bantuan penanganan dan perawatan.

Country Manager & Program Director Smile Train Indonesia, Deasy Larasati mengatakan, Bibir sumbing dan celah langit-langit adalah suatu kondisi bawaan yang sebenernya dapat ditangani dengan mudah melalui dukungan dan perawatan medis yang tepat. Namun, kerap kali akses terhadap kedua hal tersebut menjadi tantangan utama bagi para pasien untuk memperoleh penanganan medis. “Sulitnya mengakses fasilitas kesehatan, kurangnya tenaga medis, serta keterbatasan informasi menjadi tiga faktor utama yang menyebabkan banyaknya kasus bibir sumbing yang tidak tertangani, terutama di area-area terpencil di Indonesia,” katanya

Lihat Juga :  Target Juara Umum 1, Pemkot Palembang Lepas 54 Peserta MTQ Tingkat Provinsi

Lanjutnya, Smile Train Indonesia mencatat bahwa 1 dari 700 bayi di Indonesia terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan/atau sumbing langit-langit. Kondisi ini beresiko menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, baik secara fisik maupun secara psikis, seperti kesulitan makan, bernapas, mendengar, berbicara, serta beresiko mengalami malnutrisi. “Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan anak di masa depan,” ujar Deasy

Deasy mengungkapkan, Hingga saat ini Smile Train Indonesia sudah melaksanakan lebih dari 100.000 operasi sumbing gratis bagi anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sejak pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 2002. “Tidak hanya operasi gratis, Smile Train Indonesia juga mengusung model berkelanjutan yang menyediakan pelatihan, pendanaan, serta sumber daya untuk memberdayakan tenaga medis lokal di berbagai daerah untuk memberikan operasi sumbing gratis dan perawatan sumbing komprehensif di komunitas mereka sendiri, terutama di area dengan akses yang sulit,” ungkapnya seraya menambahkan bahwa Selama dua dekade perjalanannya, Smile Train Indonesia didukung oleh berbagai mitra, termasuk PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), ratusan rumah sakit, tenaga kesehatan, dan pekerja sosial dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, ASDP Indonesia Ferry telah bermitra dengan Smile Train Indonesia sejak tahun 2019 dan selama perjalanan ini, kami telah mengamati bahwa akses terhadap informasi dan fasilitas kesehatan yang memadai menjadi salah satu tantangan utama dalam mewujudkan lebih banyak senyum anak Indonesia. “Sebagai penyedia fasilitas angkutan kapal laut penyeberangan yang kerap kali menjadi akses utama transportasi bagi masyarakat di area terpencil, kami berharap bahwa kegiatan bakti sosial “Anak Indonesia Tidak Seharusnya Hidup dengan Bibir Sumbing” serta pemasangan poster di Pelabuhan ini dapat bermanfaat dan berdampak besar dalam menyampaikan informasi mengenai bantuan operasi bibir sumbing gratis, demi terciptanya senyum anak Indonesia,” katanya (Rel/maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.