KRIMINALITAS

Kerjasama Bareng Hacker di Meksiko, WNA Bobol Mesin ATM

Sibernas.com, Palembang-Satreskrim Polrestabes Palembang berhasil meringkus Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia bernama Vlladimir Kasarski , dengan kasus pencurian uang di mesin Anjungan Tunjangan Mandiri (ATM) dengan modus skimming atau ilegal akses.

Aksi pelaku ini terjadi di salah satu ATM Bank Sumsel Babel (BSB) yang berada di Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan 5 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2, Palembang, Kamis (28/3/2024).

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono, mengatakan, dalam aksinya pelaku tidak sendirian, dia bersama seorang hacker yang berada di Meksico yang saat ini masuk daftar pencarian orang (DPO) .

“Pelaku ini menyasar mesin-mesin ATM yang sistem keamanannya masih yang lama. Di Kota Palembang pelaku berhasil mengambil uang sebanyak 30 juta rupiah,” ujar Haryo, Senin (8/4/2024).

Lihat Juga :  Polisi Tertibkan Pengemudi Mobil dan Motor Online di Pinggiran Jalan PTC Mall

Modus yang dilakukan pelaku dengan cara menggunakan aplikasi Anydesk. Selanjutnya pelaku memasang kabel USB yang disambungkan ke laptop milik pelaku.

“Sebelum beraksi pelaku ini terlebih dahulu membuat mesin ATM seakan-akan rusak dengan menempelkan kertas di pintu ATM dan menyegel pintunya, setelah itu pelaku beraksi dan memantau dari seberang ATM menunggu uang secara otomatis keluar sendiri dari mesin ATM,” katanya.

Pelaku ditangkap setelah penjaga malam yang curiga mesin ATM dalam keadaan rusak dan setelah diintip benar saja ada sejumlah alat dan uang pecahan ratusan ribu rupiah.

“Setelah aksinya ketahuan pelaku langsung meninggalkan lokasi, dan akhirnya pelaku kami tangkap setelah pelariannya ke Jakarta, dengan barang bukti 1 unit mobil Hyundai, 1 laptop, 1 unit handphone dan 1 alat pengangkat kaca,” katanya.

Lihat Juga :  Tersulut Emosi, Pekerja Perbaikan Jalan Keroyok Sopir Feeder LRT Sumsel

Pelaku terancam pasal 363 ayat 5 KUHP Junto pasal 53 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Reporter: Yola Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *