PENDIDIKAN

Asesmen Nasional Digelar Maret, Disdik Minta Guru dan Siswa Siap

Sibernas.com, Palembang-Program Asesmen Nasional yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sebagai langkah evaluasi pemetaan pendidikan akan digelar pada Maret 2021.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H Riza Pahlevi berharap agar guru dan siswa benar-benar siap untuk mengikuti proses pemetaan tersebut.

Menurut Riza, Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Jadi insyaAllah, kalau tidak ada halangan pada Maret nanti akan dilaksanakan Asesmen Nasional, dari jenjang SD, SMP, dan SMA,” ujarnya, Selasa (19/1/2021).

Ia menambahkan, tujuan utama pemerintah mengenai Asesemen Nasional adalah untuk melihat pemetaan mutu pendidikan, menilai, mengevaluasi semua komponen yang ada pada warga di sekolah.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

“Jadi Asesmen Nasional ini bukan menentukan kelulusan bagi anak, tapi sudah menilai secara menyeluruh, namun siswa nya yang menjadi sampel tujuan dari pusat,” ungkap Riza.

Dalam pergantian UN menjadi Asesmen Nasional ini kata Riza, tentu di perlukan sosialisasi terhadap sekolah-sekolah.

” Karena perdana dilakukan Asesmen Nasional, jadi patut di sosialisasikan, pemahaman kepada semua warga sekolah, alhamdulillah kita sudah mengambil langkah-langkah, yang berkesinambungan,” terang Riza.

Tentu dalam pelaksanaan Asesmen Nasional, Lanjut Riza, sarana dan prasarana disekolah tersebut harus lengkap.

“Seperti komputer, dan peralatan lainnya, jika sarana dan prasarana siswa di sekolah tersebut belum lengkap, untuk awal ini bisa menumpang pada sekolah-sekolah yang sudah lengkap, yang penting Asesmen Nasional harus tetap jalan,” pungkasnya.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

Reporter: Sugi
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.