KRIMINALITAS

Waspada, Marak Penipuan Meminta Kode OTP Grab, Satu Warga Palembang Jadi Korban

Sibernas.com, Palembang-Kasus penipuan yang mengatasnamakan Grab kembali terjadi. Kali ini yang menjadi korban adalah Dian Kristina (38), warga Jalan Sukabangun II, Perumahan Griya Simpur Indah, Blok D 7, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang.

Modus yang digunakan pelaku hampir sama. Pelaku meminta kode OTP (One Time Password) yang dikirim melalui Short Message Service (SMS). Korban yang memiliki usaha rumah makan itu, lalu mengirimkan kode OTP, dan secara otomatis saldo rekeningnya berkurang Rp11 juta.

Untuk diketahui, kode OTP biasa digunakan untuk memverifikasi saat akan log-in ke sebuah akun. Jika telah memiliki kode ini, siapa pun berpeluang untuk masuk ke akun yang dituju.

Lihat Juga :  Polda Sumsel Ringkus Pelaku Penjual Akun WhatsApp ke Luar Negeri, Dipakai Untuk Judi Online

“Saat itu saya ditelpon dari pihak GO BIZ, ketika saya sedang mendaftarkan bisnis rumah makan milik saya ke aplikasi Grab Food,” cerita Dian saat membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang, Sabtu (17/10/2020).

Lanjutnya, saat dia mau memverifikasi akun Grab Food, pelaku mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor handphone miliknya. Lalu dia
memberikan kode OTP tersebut saldo tabungan berkurang Rp11 juta

“Setelah saya kirim kode OTP lewat SMS, lalu saya dapat pemberitahuan bahwa saldo saya berkurang Rp11 juta,” sesal korban.

Kasubag Humas Polrestabes Palembang AKP Irene membenarkan adanya laporan penipuan itu. Selanjutnya mereka akan menindaklanjuti laporan tersebut.

Lihat Juga :  Tim Gabungan Polda Sumsel Gerebek Gudang BBM Ilegal

Reporter: Edi Pramadi
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.