NASIONAL

Gibran dan Bobby Dikabarkan Terima Penghargaan ” Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha ” Oleh Presiden Joko Widodo

Sibernas.com, Surabaya,—-  Sejumlah kepala daerah dikabarkan akan menerima penghargaan ” Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha ” dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII di Kota Surabaya, Jawa Timur.  Demikian kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa (23/4/2024) kemarin.

Ia mengungkapkan, dari sejumlah kepala daerah yang akan menghadiri dan menerima penghargaan dalam  peringatan acara tersebut ada nama Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Eri mengatakan, Gibran dan Bobby juga akan menerima Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Acaranya nanti ada Bu Khofifah. Selain itu ada wali kota Medan, wali kota Surakarta,” ujarnya dikutip dari Antara.

Menurutnya,  selain kedua tokoh tersebut sejumlah kepala daerah juga akan menerima penghargaan serupa seperti Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Anna Mu’awanah Bupati Bojonegoro 2018-2023. Kemudian Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Satyalencana Karya Bhakti Nugraha,  Eri Cahadi menjelaskan, “Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha” adalah penghargaan penting yang diberikan sekali seumur hidup pada kepala daerah. Tanda kehormatan itu diberikan pada penyelenggara pemerintah daerah didasarkan pada prestasi dan kinerja selama menjabat. Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan atau diberikan dengan Kaputusan Presiden RI

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021,” kata dia. Usai penyematan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraga, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada 29 pemerintah daerah. Piagam ini diberikan berdasarkan penilaian EPPD Tahun 2023. Adapun puluhan Pemda yang menerima penghargaan terdiri dari lima provinisi, 14 kabupaten, dan 10 kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.