PALEMBANG

Tes Molekuler Isotermal Deteksi Virus Corona Lebih Akurat

Sibernas.com, Palembang-Tes untuk mendeteksi secara lebih cepat Covid-19 terus dilakukan kebanyakan orang di masa pandemi. Untuk hasil yang lebih akurat, Rumah Sakit Siloam termasuk di Palembang menyiapkan tes Molekuler Isotermal dengan harga mulai dari Rp999.000.

Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady mengatakan, tes Molekuler Isotermal merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi.

Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, di.mana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0 persen dan spesifisitas 97.9 persen.

Menurutnya, performa tes dengan alat Abbott ID Now ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji Covid-19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif.

Lihat Juga :  Ini 92 Nama Pejabat Eselon 3 Pemkot Palembang yang Dirolling

“Keunggulan lainnya yakni kesalahan hasil tes  yang minim serta teknologi dari Amerika Serikat yang telah tersertifikasi FDA EUA, CLIA Waived, dan CE Eropa,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Tes Molekuler Isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group mulai dari Rp999.000 (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

“Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja,” katanya.

Sejauh ini, untuk penanganan kesehatan di masa pandemi, pihaknya telah menyediakan tes Covid-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi yakni Rapid Tes dan Serologi, Antigen yakni Swab Antigen, hingga Molekuler yakni RT-PCR dan Isotermal.

Lihat Juga :  Pendatang Diklaim Jadi Faktor Tingginya Angka Pengangguran di Palembang

Reporter: Kamayel Ar-Razi
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *