LIFESTYLE

Hewan Laut yang Membuat Hiu Putih Besar Ketakutan

SIBERNAS.COM —Hiu dikenal hewan yang memiliki karakter ganas yang bisa menyerang siapa saja termasuk manusia ini ternyata takut dengan lumba-lumba

Hiu termasuk hewan penyendiri. Sedangkan lumba-lumba terkenal dengan kebiasaannya yang suka bergerombol. Di mata manusia, hiu terlihat seram dan membahayakan. Sedangkan lumba-lumba terlihat lebih ramah daripada hiu karena suka berinteraksi dengan manusia.

Walaupun terlihat ganas dan menyeramkan, ternyata hiu takut dengan lumba-lumba. Dirangkum dari berita detikEdu, berikut 10 fakta penyebab hiu takut dengan mamalia laut yang terkenal cerdas ini:

1. Hiu dapat Dikalahkan oleh Lumba-lumba Jenis Orca
Hiu dapat dikalahkan oleh lumba-lumba jenis Orcha atau yang akrab disebut paus pembunuh. Paus pembunuh merupakan pemangsa puncak di lautan. Paus pembunuh tak segan memangsa hiu putih saat terjadi kelangkaan makanan.

2. Tubuh Lumba-lumba Lebih Gesit dan Fleksibel dibandingkan Hiu
Faktanya, lumba-lumba memiliki tubuh yang gesit dan fleksibel dibandingkan dengan hiu. Kulit lumba-lumba cenderung lebih lembut dan sendi rangkanya lebih fleksibel. Kondisi inilah yang menyebabkan lumba-lumba gesit dalam pertarungan saat bertemu dengan para predator laut, seperti hiu.

3. Hiu Tidak Lebih Cerdas daripada Lumba-lumba
Kecerdasan yang dimiliki lumba-lumba menjadikan hiu takut dengannya saat bertarung. Dengan menggunakan ekolokasi, lumba-lumba dapat bergerak cepat dalam air untuk menghindari atau menyerang hiu. Hal ini yang membuat hiu kesusahan mengatasi serangan lumba-lumba.

4. Lumba-lumba Bergerak Cepat dan Sulit Dikejar
Selain cerdas, lumba-lumba juga memiliki kecepatan gerak luar biasa dibandingkan dengan hiu. Lumba-lumba dapat berenang lebih cepat dan menjadikannya sulit dikejar oleh predator seperti hiu.

5. Lumba-lumba Pandai Bersembunyi
Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pandai bersembunyi. Sedangkan hiu dikenal dengan pemburu yang suka menyerang saat musuh dalam titik buta atau kondisi tidak sadar. Namun, lumba-lumba akan bergerak cepat atau berkumpul dengan kawanannya saat hiu mencoba menangkapnya.

6. Lumba-lumba Punya Sirip Ekor Sangat Kuat
Kelebihan lumba-lumba lainnya yang menjadikan hiu takut dengannya terletak pada sirip ekor. Lumba-lumba jenis Orca memiliki sirip ekor yang sangat kuat. Saking kuatnya, sirip ini dapat dengan mudah membalikkan punggung hiu. Ketika hal ini terjadi, maka hiu akan mudah dimangsa oleh Orca.

7. Moncong Lumba-lumba Lebih Tumpul dan Kuat
Lumba-lumba memiliki moncong yang terbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Moncong inilah yang menjadi senjata pertama lumba-lumba saat melakukan serangan ke perut hiu.

8. Hiu Predator Soliter Sedangkan Lumba-lumba Punya Kawanan
Hiu dikenal sebagai predator yang suka hidup menyendiri atau soliter. Sedangkan lumba-lumba suka hidup bergerombol dengan kawanannya. Dalam kondisi terancam, lumba-lumba akan saling membantu anggota kelompok lainnya agar selamat dari serangan musuh.

9. Marahnya Lumba-lumba Berbahaya
Hiu suka mengincar bayi lumba-lumba yang dikenal lebih rentan terhadap serangan predator. Namun, apabila serangan tersebut diketahui oleh lumba-lumba lainnya, maka seketika lumba-lumba akan marah dan balik menyerang hiu secara bergerombol.

10. Lumba-lumba Punya Ekor Horizontal
Fakta hiu takut dengan lumba-lumba lainnya disebabkan karena lumba-lumba memiliki ekor horizontal yang memungkinkan tubuhnya lebih lincah dan mengubah arah serangan dengan cepat. Sedangkan hiu memiliki ekor vertikal yang membatasi pergerakannya.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.