NASIONAL

Ada Fitur Ziswaf, Abdul Thoriq Lebih ‘Gampang’ Berbagi

Sibernas.com, Palembang
Bank Syariah Indonesia (BSI) sangat konsisten menjadi bagian dari lembaga keuangan syariah yang sejalan dengan visi syariah, yakni mensejahterakan ekonomi umat. Kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi untuk berbuat kebaikan adalah yang paling dicari dan diharapkan nasabah.

Begitupun bagi Abdul Thoriq, 27 tahun, yang sudah menjadi nasabah BSI karena memang ingin lebih mencari perbankan syariah. “Iya Alhamdulillah, memang yang saya inginkan yakni ikut di perbankan syariah. Sebelum BSI hadir pun saya sudah terdaftar sebagai nasabah BRI Syariah dan kini sudah melakukan migrasi ke BSI,” ujar Abdul, Selasa (3/8).

Abdul menjelaskan, bukan hanya system perbankan yang dicarinya namun layanan syariah yang dikedepankan. Bagi Abdul, layanan syariah adalah lebih baik.

“Saya sejak dulu hanya mempercayakan pada layanan bank syariah,” ucapnya. Setelah migrasi ke BSI, Abdul mengaku banyak layanan perbankan yang sesuai dengan keinginannya, seperti BSI mobile.

Ia kini selalu melakukan transaksi keuangan melalui BSI mobile, karena lebih fleksibel dan mudah. “Bukan hanya layanan cek rekening ataupun transfer, namun ada banyak layanan yang bisa didapat di BSI Mobile. Salah satunya, di BSI Mobile ada layanan berbagi ZISWAF,” ucapnya.

Ia mengaku bisa melakukan kegiatan berbagi hanya melalui handphone saja. Ia bisa menyerahkan zakat, infaq, wakaf, dan bisa berdonasi untuk rumah zakat, dompet Dhuafa, atau bantuan Covid-19.

“Semuanya bisa dilakukan dengan hanya layanan online. Lebih praktis dan mudah,” jelasnya. Sementara sejak awal 2021 lalu, BSI memang sudah menjalin sinergi dengan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengimplementasikan digitalisasi keuangan di masjid.

Direktur Sales & Distribution Bank Syariah Indonesia Anton Sukarna, pemanfaatan BSI Mobile dan QRIS (QR Indonesia Standard) ini dapat memudahkan masjid dalam mengelola transaksi dan masyarakat untuk melakukan pembayaran Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf secara nontunai.

“Layanan BSI mobile ini mudah-mudahan dapat menjadi solusi keuangan bagi masjid dan seluruh elemen masyarakat untuk memudahkan transaksi keuangan,” kata Anton Sukarna.

Penguatan layanan digital BSI, lanjut Anton, juga merupakan bagian dari dukungan terhadap percepatan transformasi perekonomian digital Indonesia sehingga dapat membuka akses masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, serta mempermudah kegiatan perekonomian.

Direktur Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI Moh Agus Salim mengemukakan sebagai pusat peradaban, masjid memiliki fungsi sentral untuk ummat Islam. “Aplikasi Syariah ini juga tentunya menunjang kemajuan masjid, baik dari segi banyaknya donatur, maupun kemudahan takmir untuk mengelola dana yang masuk via aplikasi,” ujar Agus Salim.

Lihat Juga :  Kejagung Telusuri Harta Kekayaan Sandra Dewi Dalam Pusaran Korupsi PT Timah

Dirut BSI Hery Gunardi menambahkan, sebagai bagian dari lembaga keuangan syariah, peran Bank Syariah Indonesia sebagai lembaga keuangan syariah tentu harus sejalan dengan visi syariah yakni mensejahterakan ekonomi umat melalui berbagai instrumen syariah salah satunya adalah penguatan ekosistem ZIS.

BSI berkolaborasi dengan BAZNAS untuk mengumpulkan zakat secara transparan dan masyarakat dapat mengakses informasi terkini di situs UPZ BSI www.bsmu.co.id. “Peran penting lainnya adalah bahwa zakat harus dipopulerkan di kalangan milenial yang sudah berpenghasilan tetap, dimana ada sebagian rezeki kalangan milenial yang menjadi hak para mustahik yang wajib disalurkan. Dengan adanya BSI Mobile harapannya masyarakat lebih mudah menunaikan ZIS dimanapun dan kapanpun,” ucapnya.

Per Maret lalu, ada sekitar Rp 3,26 miliar dana ZISWAF yang terkumpul melalui aplikasi BSI Mobile. Jumlah sumbangan ini berasal dari 99 ribu donatur, yang total transaksinya mencapai 303 ribu pada periode tersebut. Melalui BSI Mobile, nasabah bisa menabung emas, gadai emas, membayar ZISWAF dan membeli hewan kurban. Bahkan, pengguna BSI Mobile dapat mengecek waktu sholat dan lokasi masjid terdekat. Melalui berbagai produk dan layanannya, BSI Mobile berupaya mendampingi nasabah sebagai sahabat finansial, sosial dan spiritual untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi umat.

Reporter : maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *