SUMSEL

September-November, Sejumlah Kabupaten di Sumsel Terancam Banjir Besar

Sibernas.com, Palembang-Banjir besar berpotensi terjadi di sejumlah kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada periode September-November 2021. Wilayah yang rentan terjadinya banjir adalah Kabupaten Empatlawang dan Lahat.

“Kabupaten Lahat dan Empatlawang berpotensi besar terjadinya banjir besar selama fenomena hujan di musim kemarau yang berlangsung dalam tiga bulan ke depan, yakni pada periode September–November,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Klimatologi (Staklim) Kelas 1 Palembang Nandang Pangaribowo, kemarin.

Potensi bencana banjir di kabupaten Lahat dan Empatlawang tersebut lebih tinggi karena topografinya kontras antara dataran tinggi dan dataran rendah.
Tampungan air di hulu akan lebih deras tumpah mengaliri ke hilir dengan begitu timbul banjir besar.

Lihat Juga :  Sinkronisasi Penataan Akses Dalam Penataan Tanah Lintas Daerah Kabupaten/Kota

“Dari hujan yang turun, air bisa tiba-tiba datang membawa material, jadi yang di wilayah aliran sungai waspada,” jelasnya.

Stasiun Klimatologi mengklasifikasikan potensi bencana banjir dalam tiga kategori yakni kategori tinggi, sedang, dan rendah, selama rentang waktu tiga bulan ke depan, September – November.

Pada September, pihaknya mengingatkan ada potensi banjir kategori menengah di Kabupaten Musirawas (Mura), Ogan Komering Ulu (OKU), dan OKU Selatan. Sedangkan daerah potensi rendah ada 14 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Banyuasin, Empatlawang, Lahat, Muaraenim, Musi Banyuasin (Muba), Mura, Musi Rawas Utara (Muratara), dan Ogan Ilir. Selain itu, Ogan Komering Ilir (OKI), OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kota Palembang, dan Prabumulih.

”Pada Oktober, ada dua kabupaten yang diprakirakan berpotensi banjir dengan tingkat potensi bencana banjir tinggi yakni, Kabupaten Lahat dan Empatlawang,” terang Nandang.

Untuk kategori potensi bencana banjir sedang-rendah, menurut Nandang Pangaribowo, yakni Kabupaten Banyuasin, Empatlawang, Lahat, Muaraenim, Muba, Mura, Muratara Ogan Ilir, OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, dan PALI.

Sedangkan pada November, jelas Nandang Pangaribowo, Lahat dan OKU Selatan berpotensi banjir dengan potensi tinggi. Untuk potensi sedang yakni Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Empatlawang, Lahat, Muaraenim, Muba, Mura. Lalu Muratara, Ogan Ilir, OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, dan PALI.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.