KULINER

Mie Celor, Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Sibernas.com, Palembang-Kuliner dari Kota Palembang yang paling terkenal memang pempek. Makanan yang berbahan dasar sagu dan ikan (gabus/tenggiri/putak) ini menjadi idola masyarakat Sumsel khususnya Palembang.

Tapi, di Palembang tidak hanya ada Pempek. Makanan lainnya juga ada banyak yang menjadi ciri khas dari daerah yang sering disebut bumi Sriwijaya ini.

Mie Celor, salah satunya. Mie kuning yang dicampur kuah kaldu santan udang ini udah ada sejak 1953 lalu dan bertahan hingga sekarang. Karena mie khas dari Palembang ini punya ciri khas dari kuah kaldu santan ditambah dengan potongan udang menjadi makanan yang sering dicari juga oleh wisatawan luar negeri seperti Jepang, Korea, Tiongkok, Eropa dan lainnya.

Di Palembang Mie Celor yang paling terkenal salah satunya adalah Mie Celor HM Syafei Palembang. Berdiri dari 1953 dan merupakan pelopor penjual Mie Celor di Palembang, cita rasa Mie Celor ini sampai saat ini tidak berubah.

Pengelola mie Celor 26 Ilir HM Syafei Palembang Imelda Ciptadi mengatakan, Mie Celor HM Syafei Palembang sudah banyak membuka cabang di Palembang.

“Pertama kali dibuka di Jalan Mujahidin Palembang, kemudian cabang kedua di sini di Pasar 26 Ilir Palembang, selain itu cabang lainnya dibuka di Jalan Akhmad Dahlan, Jalan Merdeka dan di Kenten,” katanya.

Bicara soal harga, ada beberapa menu yang ditawarkan di toko mie Celor HM Syafei, kalau di Mie Celor 26 Ilir HM Syafei menawarkan beberapa Mie Celor. Seperti, Mie Celor Biasa harganya Rp22 ribu, Mie Celor Jumbo Rp33 ribu, Mie Celor Udang Rp57 ribu dan Mie Celor Spesial Rp60 ribu.

Selain itu ada makanan khas Palembang lainnya dijual di sini, Laksan seharga Rp20 ribu satu porsinya, minuman khas Palembang yakni Es Kacang Merah Rp15 ribu. Toko buka dari pukul 06.00 hingga 20.00.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *