LIFESTYLE

Catat, Berikut Makanan Tinggi Kalsium Baik untuk Pertumbuhan Anak

SIBERNAS.com — Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk mendukung fungsi sistem saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah.

Kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, terutama di masa pertumbuhan anak.

Kalsium biasanya terdapat pada minuman susu, namun kandungan kalsium tidak hanya terddapat pada susu melainkan ada juga di beberapa sumber makanan lainnya.

Mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium tentunya dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Berikut sumber makanan yang terdapat kandungan kalsiumnya:

  1. Sarden dan salmon kaleng

Sarden atau salmon kaleng mampu memberikan Anda asupan kalsium. Mengutip Healthline, sekitar 92 gram sarden bisa memenuhi 35 persen kebutuhan kalsium harian. Sedangkan 85 gram salmon kaleng dapat memenuhi sekitar 21 persen kebutuhan kalsium harian.

Kedua jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung, otak, dan kulit. Tidak sulit untuk menikmatinya karena produk kalengan biasanya hanya perlu dipanaskan selama beberapa menit.

  1. Bayam

Sebagai sumber kalsium yang baik, bayam mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 10%. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi lain seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat.

  1. Brokoli

Menukil Time Magazine, dalam 2 cangkir brokoli mentah mengandung 86 miligram kalsium.

Selain itu, sayuran ini mengandung hampir dua kali lipat vitamin C dari jeruk. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayuran seperti brokoli mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker usus besar dan kandung kemih.

  1. Almond

Kacang-kacangan juga mengandung kalsium yang diperlukan tubuh. Namun, almond adalah kacang dengan kandungan kalsium tertinggi. Sebanyak 22 butir almond mampu memenuhi 8 persen dari kebutuhan kalsium harian.

Di samping itu, konsumsi almond juga memberikan Anda asupan serat yang baik. Sebagai tambahan, tubuh pun memperoleh asupan lemak sehat, protein, magnesium, mangan, dan vitamin E dari konsumsi almond.

  1. Tahu

Meski kerap digaungkan sebagai sumber protein, Anda juga bisa memperoleh asupan kalsium dari makanan seperti tempe dan tahu. Namun, jumlah kandungan kalsium bergantung pada label dan kepadatan tahu.

Biasanya, untuk 64 gram tahu mengandung sekitar 275-861 miligram kalsium. Tahu bisa diolah menjadi aneka sajian seperti pepes tahu, tumis tahu, atau bahkan tofu steak alias steak tahu.

  1. Kedelai

sekitar 236 mililiter susu kedelai mengandung kalsium setara dengan susu sapi. Sedangkan 100 gram kedelai mentah mengandung 277 miligram kalsium.

Selain itu, konsumsi susu kedelai juga dapat memberikan Anda asupan vitamin D. Kandungan lemak jenuh pada susu kedelai juga lebih rendah dari susu sapi dengan tambahan laktosa.

  1. Buah-buahan

Ada sejumlah buah yang mengandung tinggi kalsium, seperti pisang, buah beri, kiwi, dan jeruk, jeruk mengandung 45 hingga 50 mg kalsium per 100 gram dan berbagai vitamin.

Selain itu, jeruk menyediakan serat dan kaya akan antioksidan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.