LIFESTYLE

5 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi

SIBENRAS.COM –  Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak sangatlah peting, seperti mulai memberikan asupan gizi yang cukup.

Untuk pertubuhan tinggi badan anak  banyak hal yang menjadi faktor mulai dari kebiasaan sehari-hari, nilai gizi yang cukup,  namun  selain itu faktor genetik menjadi slah satu yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi anak.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa membuat anak tumbuh tinggi.

1. Konsumsi protein rendah lemak
Beri anak asupan bernutrisi tinggi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh tinggi adalah karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak.

Pastikan anak mendapatkan cukup protein karena protein membangun otot dan tulang. Nutrisi ini bisa didapatkan dari dada ayam, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

2. Olahraga
Olahraga intens melibatkan aktivitas fisik diklaim efektif membangun pertumbuhan otot dan kekuatan tulang secara optimal.

Menurut hasil penelitian, olahraga yang bisa membuat tubuh tinggi yaitu berenang, jogging, skipping, basket, voli, badminton, hingga melompat-lompat di atas trampolin.

3. Lengkapi kebutuhan vitamin dan mineral
Kebiasaan yang membuat anak tumbuh tinggi selanjutnya adalah melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral mereka dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Untuk tumbuh tinggi, anak membutuhkan kalsium, vitamin A, dan vitamin D yang berperan penting untuk pembentukan tulang. Pemberian suplemen juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak.

4. Tidur cukup

Selain berolahraga dan asupan yang bergizi, setiap orang tua penting memerhatikan waktu tidur anak supaya benar-benar tercukupi. Sebab kebiasaan tidur cukup berkaitan pada pertumbuhan tinggi badan.

Untuk anak berusia 6-7 tahun disarankan tidur 9-10 jam per hari. Sementara anak usia 8-14 tahun tidur 8-9 jam per hari, sedangkan anak usia 15-18 tahun tidur 7- jam per hari.

5. Perbanyak aktivitas luar ruangan
Memperbanyak aktivitas di luar ruangan terutama pagi hari, dinilai bagus untuk membantu pertumbuhan tinggi badan anak karena mendapat suplai vitamin D dari matahari.

Vitamin D dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi dan memperkuat komposisi tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *