BERITA FOTO

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tewas Ditembak

SIBERNAS. com, Tokyo, —Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat sedang menyampaikan pidato di Nara, barat Jepang, Jumat (8/7/2022).

Sebelum meninggal, ia sempat dibawa ke rumah sakit dengan helikopter setelah mengalami pendarahan dan tak sadarkan diri.

Abe ditembak pelaku di Nara, saat tengah berpidato untuk kampanye partainya, Partai Liberal Demokratik, jelang Pemilu Jepang.

Shinzo Abe merupakan salah satu politikus ulung Negeri Matahari Terbit. Pria kelahiran 21 September 1954 itu memiliki jabatan terakhir sebagai perdana menteri Jepang.

Meski tak lagi menjabat sebagai perdana menteri, Abe disebut sebagai salah satu politikus paling berpengaruh di Jepang.

MSN menuliskan, sulit untuk melampaui kekuatan dan pengaruh Abe dalam politik Jepang, meski ia bukan lagi perdana menteri.

Sukses terbesar Abe adalah mengantarkan Jepang pada kebijakan moneter dan fiskal negara itu untuk keluar dari kemandekan ekonomi. Sukses itu mengerek reputasi Abe di level internasional.

Sebelum mundur dari jabatannya, Abe diduga sakit karena dua kali kedapatan mengunjungi rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.