PENDIDIKAN

Cerita Lulusan Terbaik Jurnalistik UIN, dari Kesulitan Anak Kost, Hingga Kerja Paruh Waktu di Warung Pecel Lele

Sibernas.com, Palembang- Menempuh dunia pendidikan sembari bekerja, tidak menjadi halangan bagi mahasiswi Jurusan Jurnalistik Angkatan 2018, Erna Rustiana. Erna menjadi mahasiswi terbaik Jurnalistik pada Wisuda ke-74 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Gadis berusia 22 tahun ini menjadi perwakilan satu satunya dari Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi, untuk menghadiri prosesi wisuda di Gedung Akademik Center UIN Raden Fatah, Kamis (8/10/2020).

Saat dijumpai wartawan AssajidinGroup, gadis kelahiran Sumbusari, 16 Desember 1998, menceritakan pengalamannya selama menempuh pendidikan Strata 1 sembari bekerja.

“Sayakan anak kost, jadi sering kehabisan uang jajan, kadang juga telat dapet kiriman. Jadi yah berusaha untuk tidak menyusahkan orangtua dengan kerja freelance (paruh waktu-red),” kata Erna.

Pada semester awal, Ketika ada tugas kewirausahaan, Erna pernah bekerja di rumah makan pecel lele di daerah Palembang selama dua bulan. Lanjut pindah kerja ke warung rempah di daerah Radial selama satu bulan.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

Gak terlalu lama bertahan, karena pada saat itu semester tiga susah untuk membagi waktu kuliah karena banyaknya tugas kuliah,” lanjutnya.

Selanjutnya, dirinya fokus untuk kuliah dan berorganisasi kampus, dengan masuk Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah. Jadi semasa kuliah, tambahnya, masa di mana dia harus mencari banyak jaringan, pengalaman, dan ilmu yang bisa menunjang masa depan yang baik.

“Di akhir semester mencoba untuk kerja lagi di ruangjuara.com dan bertahan 4 bulan, karena dampak Corona jarak jauh, jadi saya mengundurkan diri,” papar Erna.

Akan tetapi, di dalam diri Erna, memiliki prinsip yang menjadi moto dalam hidupnya, bahwa orangtuamu ingin kau sukses, maka jangan pernah kecewakan mereka dengan rasa malasmu.

“Jadi di masa Pandemi yang semua serba di rumahkan saja, membuat diri ini bermalas-malasan untuk belajar, bimbingan ataupun revisian skripsi. Hanya ada kata jangan mudah putus asa dan menyia-nyiakan waktu walau hanya sedetik. Hidup itu bukan untuk hari ini saja, namun kita harus bertahan untuk menuju masa depan,” kata peraih juara 2 lomba foto dengan tema Pengaruh Visualisasi Gambar pada Berita.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

Pada Tahun 2018, Erna menjadi salah satu perwakilan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di UIN Imam Bonjol Sumatera Barat. Dia mndapat penghargaan Student Award kategori ‘Penulisan Karya Tulis Ilmiah’ di UIN Raden Fatah Palembang.

Tahun berikutnya, dia menyabet Juara 3 Presenter Berita yang diadakan oleh Pekan Bahasa UIN Raden Fatah Palembang.

“Kalau keinganan maunya lanjut S2, tapi tekendala biaya. Insya Allah lanjut kerja dulu, sembari mencari beasiswa,” harapnya.

Reporter: Tri Jumartini
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.