LIFESTYLE

Mengenal Jenis Kurma Terbaik di Dunia

SIBERNAS.com–  Buah kurman merupakan salah satu buah kerap disajikan dalam makanan pembuka dalam bulan puasa atau Ramadhan, selain itu buah kurma juag menjadi salah satu buah tangan Ketika seseorang pulang dari haji atau umroh.

Buah kurma sendiri memiliki berbagai jenis, setiap jenis kurma memiliki rasa dan tekstur.

Berikut beberapa jenis kurma terbaik di dunia, mengutip laman Taste Atlas.

  1. Mejdool

Dikenal juga dengan Majdool atau secara lokal Majhool adalah kurma yang paling mahal. Ini menurut Pusat Layanan Petani Abu Dhabi (ADFSC).

Kurma ini memiliki panjang hampir dua inchi. Pada 2017 lalu harga per kilonya mencapai 100 dirham per kilo (atau sekitar Rp391 ribu) di pasar lokal.

Medjool termasuk dalam buah segar, memiliki rasa yang kaya dan tingkat kemanisan seperti karamel. Teksturnya kenyal namun lembut.

Kurma jenis ini dikenal sebagai ‘Ratu Kurma’ karena ukurannya besar dengan rasa manis yang cukup kuat, namun bertekstur lembut. Medjool adalah jenis kurma yang sering disantap sebagai makanan sehat.

  1. Barhi

Kurma Barhi menjadi salah satu kurma termahal di dunia karena keunikan, yakni warna kuningnya. Bentuknya mirip seperi duku atau langsat, berbeda dengan jenis kurma lainnya.

Kurma jenis ini cocok buat orang-orang yang tidak terlalu suka rasa manis yang pekat seperti kurma pada umumnya.

Meski dibudidayakan di Arab Saudi, namun kurma terbaik untuk jenis ini berada di Basra, Irak.

Bahkan di pasar internasional, kurma barhi juga bisa dimakan mentah.

  1. Kurma Siwa

Selama 3 ribu tahun, para petani Oasis Siwa di gurun Mesir Barat telah memanfaatkan air di gurun tersebut untuk menanam kurma yang kenyal.

  1. Kurma Mazafati

Kurma Mazafati adalah jenis kurma dari Iran yang terkenal dan sangat dihormati karena rasanya yang manis, lembut, serta teksturnya yang kenyal.

Kurma ini utamanya ditanam di wilayah selatan Iran. Wilayah Bam menjadi produsen dan eksportir terbesar.

Kurma Mazafati berukuran sedang, berwarna gelap, dan kebanyakan dikonsumsi segar. Kurma ini biasa dimakan sendiri sebagai camilan atau dipadukan dengan kacang-kacangan, keju, oatmeal, dan yogurt.

  1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan varietas kurma terkenal yang berasal dari Madinah, Arab Saudi. Kurma ini berwarna cokelat tua hingga hampir hitam.

Teksturnya agak kering, lembut, dan kenyal. Sedangkan rasanya seperti buah plum dan manis dengan sedikit rasa kayu manis, karamel, dan madu.

Kurma Ajwa kaya akan protein, serat, lemak sehat, dan vitamin seperti A, B6, C, E, dan K. Selama dan setelah kehamilan, konsumsi kurma Ajwa dapat meningkatkan sirkulasi darah ibu dan bayi. Sumber :cnnindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.