PALEMBANG

12.289 Warga Palembang Terserang ISPA Dampak dari Kabut Asap dan Udara Buruk

Sibernas.com, Palembang-Sedikitnya 12.286 warga Kota Palembang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dampak dari kualitas udara yang buruk ditambah dengan kabut asap.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Palembang, Yudhi Setiawan membenarkan jumlah tersebut, per Agustus 2023.

“Jumlah itu meningkat dari bulan sebelumnya yang mencapai 8.653 warga yang terserang ISPA,” katanya, Kamis (7/9/2023).

Ia mengatakan bahwa akhir-akhir ini kualitas udara di Palembang kurang baik ditambah lagi kabut asap yang terjadi hingga ke Palembang. Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan dan juga menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas DLHP Sumsel Edward Chandra menyebutkan, kualitas udara di Palembang cenderung memburuk pada malam dan pagi hari. Kondisi ini dipengaruhi oleh faktor kelembaban udara yang bercampur dengan partikel debu asap karhutla.

Lihat Juga :  92 Pejabat Pemko Palembang Dibongkar, Mulai dari Lurah Hingga Camat

“Kalau siang hari tidak begitu terasa karena udaranya tidak begitu lembab. Pada pagi hari akan terasa kabut bercampur dengan asap,” katanya.

DLHP saat ini masih akan melakukan pemantauan dalam beberapa hari ke depan bersama seluruh stakeholder dalam menilai langkah yang akan diambil.

Reporter: Reno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *