PALEMBANG

Dermaga Tangga Buntung Dibiarkan Rusak

Sibernas.com, Palembang-Pernah disidak oleh Wakil Walikota (Wawako) Palembang pada 2022, kondisi Dermaga Tangga Buntung tidak ada perubahan, tetap tidak terawat. Kondisi Dermaga Tangga Buntung Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus, Kota Palembang ini sudah sangat memprihatikan.

Ponton (dermaga besi) sudah karatan, rusak dan bolong. Pengelola dermaga hanya menampal besi dengan kayu yang juga terlihat sudah usang. Padahal ponton tersebut tempat bersandarnya perahu jukung, speed boat dan ketek.

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda mengungkapkan rasa khawatir dan kecewanya karena fasilitas warga yang tidak diperhatikan ini.

“Ini sudah tidak terawat, berkarat dan sebagian ponton sudah miring, ini bisa membahayakan,” katanya, Rabu (29/3/2023).

Tak hanya itu, ruangan kecil di atas dermaga yang digunakan untuk penjualan tiket angkutan sungai, lebih mirip gudang ketimbang loket penjualan tiket.

Lihat Juga :  Yuk, Ikuti Khitanan Massal Gratis dari Leanpuri Center Foundation

“Kita minta sama Dishub untuk memberi perhatian lebih dermaga dermaga sungai ini,” katanya.

Lebaran 2023 ini Fitri memastikan adanya lonjakan arus mudik, terutama bagi warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Musi bagian ulu yang biasa naik dan turun melalui Dermaga Tangga Buntung.

“Padahal tahun lalu saya juga sudah mendatangi dermaga ini, tetapi tidak ada perubahan,” katanya.

Fitri sangat menyayangkan kondisi dermaga yang kerap paling banyak digunakan warga untuk jalur trasnportasi sungai ini. Terlebih Dermaga Tangga Buntung ini bersebelahan dengan Pasar Tradisional Tangga Buntung.

“Di dermaga ini aktifitasnya cukup padat, karena banyak bongkar muatan untuk pedagang,” katanya.

Lihat Juga :  Yuk, Ikuti Khitanan Massal Gratis dari Leanpuri Center Foundation

Dari sembilan dermaga yang tersebar di sepanjang aliran Sungai Musi dari informasi Dishub hanya empat dermaga yang berfungsi dengan baik. Seperti diantaranya dermaga 16 Ilir, juga Boom Baru.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.