OLAHRAGA

Kalahkan Kuwait, Indonesia Akhiri Penantian 42 Tahun

SIBERNAS.com, Kuwait-Timnas Indonesia berhasil mengakhiri penantian selama 42 tahun untuk menaklukkan Kuwait setelah mencatat kemenangan 2-1 dalam laga perdana Grup A babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kamis (9/6/2022) dinihari WIB.

Kuwait sejatinya mampu unggul lebih dulu usai crossing akurat Bader Al-Mutawa mampu dikonversi dengan tandukan Yousef Nasser menjadi gol di menit ke-40. Akan tetapi, sebelum jeda pergantian babak, Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan via eksekusi penalti dingin dari Marc Klok.

Belum semenit paruh kedua berjalan, Rachmat Irianto sukses memanfaatkan kemelut untuk mencetak gol kedua tim tamu dan skor 1-2 bertahan hingga laga usai.

Ini merupakan kemenangan pertama yang diperoleh timnas senior dari Kuwait sejak terakhir kali merasakannya pada turnamen Piala Merdeka tahun 1980 di Kuala Lumpur Malaysia.

Lihat Juga :  Prediksi Ratu Dewa, Indonesia Lolos ke Final

Skor di pertandingan tersebut juga berakhir 2-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia lewat gol-gol yang disumbangkan oleh Zulham Effendi dan Hadi Ismanto.

Setelah itu, lima kali Kuwait dan timnas Indonesia beradu taji lagi di ajang Asian Games maupun kualifikasi Piala Asia. Namun, Si Biru – julukan Timnas Kuwait, tak pernah lagi kalah dari Tim Garuda.

Sejak kemenangan itu, Indonesia hanya mencatatkan tiga kali imbang dan dua kekalahan. Kemenangan atas Kuwait pada Kamis dinihari tadi membuat asa untuk menyudahi puasa ikut serta di putaran final Piala Asia sejak 2004 terbuka.

Untuk sementara, Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan tiga poin. Kalah selisih gol atas Yordania yang beberapa saat lalu mengalahkan Nepal 2-0.

Lihat Juga :  Sukses Kalahkan Irak, Jepang Ditantang Uzbekistan di Partai Puncak

Jika berhasil meraih kemenangan kontra Yordania pada 11 Juni lusa dan Nepal pada 14 Juni mendatang, masyarakat akan dapat melihat Timnas Indonesia kembali berlaga di panggung Piala Asia.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.