LIFESTYLE

Tips Sehat Usai Menyantap Makanan Lebaran

SIBERNAS.com, Palembang-Lebaran biasanya diwarnai dengan penyajian berbagai jenis makanan. Mulai dari camilan, hingga makanan berat nan bersantan dan berminyak seperti opor dan rendang.

Masalahnya, mengonsumsi makanan santan dan berminyak, serta pedas, asam atau minuman panas dan dingin secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti radang tenggorokan.

Namun, jika anda sudah terlanjur mengalami sakit radang tenggorokan pascalebaran, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar tenggorokan kembali lega:

1. Perbanyak minum air putih.

2. Berkumur dengan air garam atau obat kumur antiseptik.

3. Mengonsumsi minuman hangat dan makanan yang lunak.

4. Istirahat cukup dan jangan terlalu banyak bicara.

5. Hindari kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok.

6. Hindari minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat menyebabkan iritasi.

7. Isap permen pelega tenggorokan atau permen biasa untuk meningkatkan produksi air liur dan mencegah tenggorokan kering.

Pada umumnya, radang tenggorokan pascalebaran dapat sembuh dalam waktu singkat, yaitu kurang dari satu minggu. Meski begitu, anda tetap perlu mencegah terjadinya radang tenggorokan. Ini dilakukan agar anda tetap fit sebelum, saat, dan setelah lebaran.

Jangan biarkan radang tenggorokan menjadi semakin parah karena dapat mengganggu aktivitas harian, terlebih saat masih suasana lebaran.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.