PALEMBANG

Palembang Optimis Raih Posisi 5 Besar PPD, Ulangi Capaian 2018

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjadi satu-satunya kota yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaju ke tahap II Penghargaan Perencanaan Daerah (PPD) tahun 2021. Pemkot optimis akan meraih juara seperti 2018.

PPD sendiri diselenggarakan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) Republik Indonesia (RI).

Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, Palembang sebelumnya merupakan juara perencanan pembangunan tingkat provinsi untuk kategori kota, yang kemudian dikirim ke nasional untuk ikut PPD tingkat nasional, dan lulus tahap pertama masuk ke-15 besar.

“Dari Sumsel kita satu-satunya yang mewakili. Tidak mudah juga untuk bisa meraih ini, karena walaupun sudah juara di provinsi tapi di nasional harus di seleksi lagi hingga bisa lolos tahap I (seleksi dokumen), dan untuk tahap II kita akan persentasi lagi di 15 sampai 19 Maret (Palembang terjadwal tanggal 18 Maret) melalaui virtual,” katanya.

Lihat Juga :  Target Juara Umum 1, Pemkot Palembang Lepas 54 Peserta MTQ Tingkat Provinsi

Harrey mengatakan, pada seleksi tahap II, ini menjadi penentu untuk bisa meraih 10 besar PPD Bapenas tahun 2021, sebab dari 15 besar akan dipilih setiap 10 kabupaten dan 10 kota dengan perencanaan pembangunan yang dinilai terbaik, dan juga dibuktikan dengan hasil implementasi di lapangan.

“Jadi Kepala Bappeda paparan ditahap II dinilai semua aspek oleh tim indepen, dan juga bapenas sendiri, setelah itu dipilih 10 besar, mudah – mudahan kita bisa mencapai peringkat 5 besar, dan mengulang prestasi serupa yang pernah kita raih di 2018 dengan menempati peringkat 2 nasional,” katanya.

Jika lolos 10 besar, maka dipastikan pemkot Palembang juga akan mendapat Dana Insentif Daerah (DID), bahkan jika posisi teratas seperti 3 besar, maka jumlahnya ditaksir akan lebih besar nominalnya.

Lihat Juga :  Yuk, Ikuti Khitanan Massal Gratis dari Leanpuri Center Foundation

“Nominal pastinya kita belum tau berapa untuk DID ini, tapi pada waktu 2018 kita raih posisi 2 itu dapat DID Rp8 Miliar dan diserahkan oleh presiden,” tambahnya.

Adapun penilaian yang menjadi aspek Perencanaan yang disusun mampu meningkatkan parameter makro seperti pertumbuhan ekonomi, IPM, stabilitas inflasi dan capaian lainnya yang tercantum dalam target RPJMD 2018 – 2023.

“Bahwa perencanan kita on the track, hasil capaian-capaiannya dapat dilihat. Ini tidak lepas dari kerja keras kita semua dibawah kepemimpinan pak walikota, dan ibu wakil, dan tidak mudah mendapat prestasi ini perlu keras kita bersama,” katanya.

Reporter: Pitri
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.