PENDIDIKAN

Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK, Disdik Sumsel Serap Kebutuhan IDUKA

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan Sumsel terus berupaya melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan, salah satunya di bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pasalnya, banyak lulusan SMK diharapkan untuk mampu siap terjun ke lapangan, baik itu bekerja atau membuka usaha sesuai dengan skill mereka masing-masing.

Berangkat dari hal pihak Dinas Pendidikan Sumsel melakukan Small Focus Group Discussion (FGD) dengan para pelaku Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) di Sumatera Selatan di Kantor Disdik Sumsel, Jumat (22/1/2021).

FGD yang dilakukan dalam lingkup kecil tersebut adalah sebagai upaya penerapan protokol kesehatan untuk tetap tidak membuat kerumunan dalam jumlah besar dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Sumsel Mondyaboni melalui Kasi Kurikulum Awaludin, Astra Group wilayah Sumatera Selatan antara lain Pimpinan Daihatsu, Toyota, Nisan, UD Truck, United Tractor dan PT Telkom Indonesia. Kemudian Kepala SMK Negeri 1 Empat Lawang dan Kepala SMK Negeri 3 Sekayu selaku praktisi.

“Jadi tujuan FGD ini untuk mendapatkan masukan dari IDUKA tentang model Penyelarasan Kurikulum SMK dengan IDUKA dalam konteks Link and Match,” ujar Awaludin.

Ia menambahkan, artinya kurikulum yang disusun SMK di Sumsel disesuaikan dengan kebutuhan IDUKA. Dengan demikian lulusan yang dihasilkan akan memiliki kompetensi seperti yang diinginkan IDUKA.

Penyelarasan kurikulum ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prosentase lulusan SMK yang terserap di IDUKA.

Lihat Juga :  PPDB Sekolah di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Ini Bunyinya

“Sehingga pada akhirnya akan bermuara pada kontribusi SMK pada misi Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya menurunkan angka kemiskinan dari dua digit menjadi satu digit,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.