PENDIDIKAN

Disdik Palembang Upayakan Internet Gratis Bagi Siswa PAUD, SD dan SMP

Sibernas.com, Palembang-Guna memperlancar proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau lebih dikenal dengan Pembelajaran Daring, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang berupaya memberikan fasilitas internet gratis bagi siswa dari tingkat PAUD hingga SMP.

Berangkat dari hal tersebut, Disdik Palembang menjajaki kerja sama dengan PT Sudasa agar akses internet segera dirasakan para pelajar, terutama saat Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, program membangun akses internet gratis yang menggunakan satelit ini bisa digunakan untuk membantu mereka yang terhambat jaringan.

“Akses internet gratis menggunakan satelit tersebut dibangun agar supaya pembelajaran jaring dapat terjangkau oleh anak anak dari tingkat PAUD sampai SMP,” ujar Zulinto usai menggelar pertemuan dengan jajaran PT Sudasa di Ruang Rapat Disdik Palembang, Selasa (4/8/2020).

Menurut Zulinto, pihaknya sudah memasang beberapa titik satelit dengan jangkauannya sekitar 10-15 kilometer agar pembelajaran terlayankan dengan baik.

“Ini yang terbaik, orang bisa mengakses di mana saja, penggunaan akses internet gratis ini para siswa dapat menggunakan password Nomor Indul Siswa Nasional (NISN) siswa itu sendiri,” ucap Zulinto.

Ditambahkannya, dalam sistem pembelajaran, pihaknya berencana akan memfasilitasi alat seperti handphone atau tablet bagi siswa yang tidak mempu satu anak satu tablet.

“Yang penting internetnya harus berjalan dulu, nanti ada center projek sekolah mana yang akan diberikan,” ujar Zulinto.

“Semoga di masa Pandemi ini dipastikan hak siswa terpenuhi untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran dari guru-guru,” pungkasnya.

Sementara itu dikatakan oleh Danu, perwakilan PT Sudasa, pihaknya diminta Dinas Pendidikan kota Palembang, untuk membangun jaringan akses internet gratis.

“Atas permintaan Pak Zulinto yang ingin memenuhi keluhan orangtua siswa selama ini, maka ke depan kita akan membangun sebanyak 51 titik jaringan akses internet yang berpusat di Dinas Pendidikan Kota Palembang, dengan harapan seluruh siswa SMP dan SD yang berada di Kota Palembang nantinya bisa mengakses internet secara gratis. Untuk kapan dimulainya, tadi kita diminta untuk sesegera mungkin dapat melaksanakannya,” pungkasnya.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *