EKONOMI

Yuk Belanja di Pasar Online, Cukup Pesan Lewat Nomor WhatsApp

Sibernas.com, Palembang-Guna Mengindari kerumunan banyak orang di pasar tradisional agar tidak tertular Covid-19, saat ini proses belanja sudah bisa dilakukan secara online lewat Nomor WhatsApp (WA) pedagang. Nantinya belanjaan yang dipesan langsung oleh pembeli akan diantar langsung ke rumah dengan ongkos kirim mulai Rp10.000 – Rp15.000.

Setidaknya saat ini ada 10 pasar tradisional yang sudah bisa melakukan transaksi online. Seperti Pasar Sekanak, Sekip Ujung, Talang Kelapa, Pasar Cinde, Pasar Kebon Semai, Padang Selasa, Pasar KM 5, Soak Bato, 10 Ulu dan Lemabang.

Para pedagang di pasar tersebut, mulai dari sembako hingga bumbu dapur sudah memiliki nomor WA sendiri yang bisa dihubungi oleh pembeli untuk memesan kebutuhannya.

Direktur Utama PD Pasar Abdul Rizal mengatakan, mekanisme pemesanan dimulai dengan pembeli dapat menghubungi nomor WhatsApp pedagang yang disediakan pada masing-masing pasar. Kemudian, setelah itu pembeli mengirimkan nama lengkap, alamat dan kebutuhan yang akan dibeli ke pedagang untuk diteruskan ke kurir yang disediakan PD Pasar.

Lihat Juga :  DPRD Sumsel Minta Gugus Tugas Fasilitasi Rapid Tes Wartawan

“Belanja online dimulai dari pukul 06.00 hingga 09.00. Selain dengan kurir dari PD Pasar, barang yang dipesan juga bisa diantarkan oleh ojek online. Saat ini sedang melakukan penjajakan dengan perusahaan aplikator ojek online baik Gojek dan Grab akan mendukung layanan ini,” ujarnya.

Semua pesanan yang akan diantarkan oleh kurir dengan ongkos kirim Rp10.000 – Rp15.000 untuk sekali antar.

“Terlepas masyarakat tetap datang atau tidak ke pasar, yang diharapkan pedagang bisa terbantukan karena barang mereka dibeli,” katanya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, layanan belanja online ini justru akan mempermudah masyarakat yang tidak mengharuskan untuk datang ke pasar untuk berbelanja serta meniadakan penumpukan kerumunan warga selama Ramadhan ini tidak terjadi.

Lihat Juga :  Siswa Kembali Belajar di Rumah Hingga 13 Juli 2020

“Pemkot juga mengakomodir seluruh pasar yang ada di Kota Palembang, tak terkecuali pasar yang dikelola swasta untuk bisa menerapkan hal serupa,” katanya.

Selain pasar tradisional, belanja kebutuhan sehari-hari secara online saat ini sudah dapat dilakukan melalui WA, yang disediakan pihak swasta. Salah seorang warga Plaju, Lia mengatakan, belanja sayuran dan kebutuhan dapur lainnya secara online sudah ia lakukan.

“Informasinya sudah banyak di media sosial, termasuk pasar tradisional milik pemerintah kontaknya bisa dilihat di sana. Saya belanja online Pasar Jakabaring, tidak perlu ke pasar, cukup tunggu di rumah saja,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close