SUMSEL

Waspada! Uang Asli Tapi Palsu (Aspal) Beredar saat Ramadhan

SIBERNAS.com, Pagaralam – Sejumlah oknum tidak pertanggung jawab memanfaatkan bulan ramadan untuk berbuat jahat, dengan melihat kondisi pasar di Pagaralam yang setiap harinya ramai pengunjung bahkan lebih banyak dari hari biasa sejumlah pelaku kejahatan mulai melancarkan aksinya dengan menyebar uang Asli tapi Palsu (Aspal).

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Kamis (16/5/2019) menyebutkan, saat sudah banyak pedagang di Pasar Dempo Permai Kota Pagaralam yang tertipu dengan aksi oknum-oknum tersebut.

Modusnya para penjahat ini mengubah uang Rp2.000 menjadi Rp20 ribu dengan menambahi angka nol satu lagi diuang pecahan Rp2.000 tersebut.

Rina (27) salah satu pedagang di Pasar Dempo Permai yang telah menjadi korban penipuan tersebut. Dirinya tidak sadar jika sudah menjadi korban, pasalnya saat itu kondisi pembeli sedang ramai.

Lihat Juga :  Gubernur Sumsel Kukuhkan TPAKD se-Sumsel

“Saya tidak tahu jika uang yang saya terima bukan uang Rp20 ribu melainkan Rp2.000. Memang jika sepintas uang Rp2.000 sangat mirip uang Rp20 ribu. Ditambah pelaku menambahkan angka nol satu lagi diuang tersebut,” ujarnya. dikutip dari sripoku.com

Hal ini bukan saja dialami oleh dirinya, namun sudah ada beberapa pedagang yang mengalami hal yang sama.

“Bukan saya saja pak, sudah ada beberapa pedagang yang juga mengalami hal yang sama. Jadi kami minta pihak berwajib untuk bisa mencari pelaku agar bisa ditangkap karena ini sangat merugikan pedagang,” harapnya.

Kapolres Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspoaji SIk mengatakan, pihaknya akan menyebar anggota disejumlah Pasar di Pagaralam. Hal ini untuk mencari siapa oknum penyebar uang Aspal ini.

Lihat Juga :  Belum Tahu Kapan Berangkat, Antrean Haji Sumsel 140 Ribu Orang

“Kita sebar anggota disejumlah pasar untuk mengetahui siapa pelakunya. Namun kami juga mengimbau para pedagang untuk lebih teliti saat melakukan transaksi. Bisa saja ada oknum yang juga menyebat uang Palsu, jadi harus waspada,” imbaunya.

Editor : Handoko

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *