PALEMBANG

Warga Membludak Urus KIA di Kantor Camat

SIBERNAS,com, Palembang – Kecamatan Kalidoni mendukung program Pemerintah Kota Palembang dalam Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Camat Kalidoni Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan Arie Wijaya mengatakan setiap hari ada 300 berkas permohonan yang diterima petugas pendafataran.

Ramainya warga yang antre mendaftar pembauran KIA membuat balai kantor camat dibuka sebagai lokasi permohonan pembuatan KIA.

Puluhan kursi disiapkan di ruang itu lengkap dengan keterangan per kelurahan sehingga bisa langsung dikelompokkan berdasarkan domisili warga.

Ramainya warga Kalidoni yang mendaftar pembuatan KIA membuat Camat Kalidoni akan mengeluarkan kebijakan membuat KIA cukup dikoordinasikan di ketua RT saja.

“Jadi nanti warga mengumpul berkas dan mengisi blangko KIA di RT saja dan RT yang akan menyetor berkas ke kecamatan sehingga praktis,” ujarnya, Selasa (16/1/2019).

Lihat Juga :  2023 Dihapuskan, Nasib 4.000 Orang Honorer Palembang Dipertanyakan

Bagi warga yang akan membuat KIA cukup mengumpulkan berkas KK, KTP orangtua (suami dan istri), akte lahir anak, pas foto 4×6 dua lembar dengan latar belakang foto merah tahun lahir genap dan biru untuk tahun lahir anak ganjil serta mengisi blangko.

Waktu penyelesaian KIA normalnya 10 hari kerja tapi karena banyaknya berkas yang diajukan warga dan juga dari kecamatan lain di Palembang bisa saja memakan waktu lebih lama lagi.

Dia berharap masyarakat yang mengajukan berkas untuk sabar menunggu penyelesaian KIA karena pembuatannya dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Palembang.

“Pembuatan KIA gratis dan tidak terbatas waktunya, jadi tidak benar kalau hari ini terkahir pembuatan. Hanya saja ramai karena KIA memang penting untuk keperluan anak sekolah dan lainnya sehingga jauh hari dibuat lebih baik” tutup Arie. Dilansir dari tribunsumsel.com,(16/1).

Lihat Juga :  Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Jual Minyak Goreng Rp14.000 per 2 Liter

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *