PALEMBANG

Warga Kecewa Kantor Disdukcapil Palembang Masih Tutup Pasca Kebakaran

Sibernas.com, Palembang-Pasca terjadinya insiden kebakaran yang terjadi pada, Rabu (17/11/2021) lalu, hingga kini Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang masih tutup.

Berdasarkan pantauan, Kamis (25/11/2021) masih ada masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil Kota Palembang kembali harus pulang setelah membaca pengumuman resmi yang berada di depan pintu masuk.

Belum semua warga tahu bahwa pelayanan kepengurusan yang berkait administrasi kependudukan dialihkan sementara ke UPTD yang ada di setiap kecamatan.

Salah satunya, Misna warga Talang Kelapa yang datang untuk mengurus akte kelahiran anaknya. Dia tidak tahu kalau kantor ini seminggu lalu kebakaran dan pelayanan menjadi lumpuh.

“Disarankan ke UPTD, karena di sini tidak tahu sampai kapan bisa buka, harus keliling lagi, padahal sudah jauh naek ojek,” katanya.

Lihat Juga :  Sungai Musi Pasang Perparah Genangan Titik Banjir di Palembang

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Palembang Dewi Isnani mengatakan, pihaknya sedang berusaha agar secepat mungkin pelayanan di Disdukcapil kembali normal seperti biasa.

“Kebakaran kemarin kan terjadinya di server sehingga perlu perbaikan di server yang memakan waktu yang tidak bisa kita tentukan,” katanya.

Bagi mereka yang datang diarahkan ke UPTD dan kalau mereka paham secara online diarahkan ke online.

“Tapi kita juga masih tetap menerima berkas jika ingin melakukan perekaman KTP,” katanya.

Namun, ia mengatakan, di UPTD pun pelayanan sama saja semua bisa dilakukan di UPTD.

“Jika berkas lengkap, memenuhi syarat ya bisa langsung selesai gak sampai lama,” katanya.

Menurutnya, kebakaran tersebut secara fisik tidak ada masalah namun yang terbakar ini adalah ruangan servernya.

Lihat Juga :  Libur Nataru, Walikota Palembang Pertimbangkan Soal Penyekatan

“Kalau server ini kan pusatnya. Jadi yang memperbaikinya pun juga harus yang mengerti atau ahlinya. Saya juga sudah datang ke pusat dan ini dimaintanen dari pusat karena semua data kita terintegrasi dari pusat,” katanya.

Karena itu, ia mengimbau bagi masyarakat mau mengurus administrasi kependudukan silakan ke UPTD.

“Kalau begitu perbaikan selesai akan langsung kita dan inget harus diurus sendiri agar mereka tahu dan semua urusan di Disdukcapil juga semua gratis sudah dibiayai oleh pemerintah,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close