EKONOMISUMSEL

Wali Kota Pagaralam Setujui Peternakan Ayam Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Ida juga menambahkan bahwa rencana di bangun nya peternakan unggas ini akan di laksanakan di kawasan mingkik kelurahan atung bungsu Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam.

SIBERNAS.COM, PAGARALAM  – Sebuah perusahaan di Kota Pagaralam akan mengembangkan ternak ayam pedaging yang dinilai mampu untuk memenuhi permintaan ayam di kota ini.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni hari ini Selasa 25/09-2018 memimpin Rapat Pembahasan Lokasi Rencana Pembangunan Perternakan Ayam tersebut.

Rapat digelar di ruang rapat Besemah 1 yang di hadiri Sekda Syafrudin, M. S. I  Asisten 1 Rahmad Madroh  Staf Ahli, DPMPTSPTK, kepala  Dinas Lingkungan hidup Joni ,  kepala PUPR Hariadi Razak, kepala  Dinas Disperindagkop saidi Amrulah  Kasat Polpp Mundra, camat Pagaralam selatan M. Helmi, Camat Dempo selatan Yusman Sohar mantan Walikota pagaralam Hj. Ida Fitriati.

Pengusaha tersebut, adalah Ida fitriati yang juga merupakan Owner dari pengusaha unggas jenis ayam broiler (ayam pedaging) mengatakan kenapa ayam karena pada intinya manusia sangat membutuhkan yang namanya protein.

Lihat Juga :  Warga yang Beli Minyak Goreng Curah Wajib Tunjukkan KTP

Ida juga menambahkan bahwa rencana di bangun nya peternakan unggas ini akan di laksanakan di kawasan mingkik kelurahan atung bungsu Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam.

Rencana tahap pertama adalah menghadirkan 60.000 (enam puluh Ribu) yang terbagi dari dua kandang dengan kapasitas satu kandang berjumlah 30.000 ( tiga puluh Robi)  dengan target 120.000 (Seratus dua puluh Ribu) .

Pemerintah Kota Pagaralam mendukung dan memberikan izin kepada perusahaan ini, agar peternakan tersebut bisa segera terlaksana  serta metode yang di gunakan dalam dalteknik ternak ayam broiler dengan sistem modern adalah closed house.

Closed House, dimaksud  adalah membuat kandang untuk peternakan ayam tertutup. Efek kandang yang tertutup akan membawa perubahan yang mencolok untuk peternakan ayam dibandingkan dengan kandang terbuka atau kandang jenis postal.

Lihat Juga :  Ikut MTQ Sejak Kelas 2 SD, Uswatun Hasanah Ulang Hafalan 5 Juz Sehari

Keunggulan kandang yang tertutup ini adalah tidak terpengaruh dengan kondisi di daerah tersebut yang mana pada kondisi lingkungan apapun akan aman-aman saja menggunakan kandang jenis ini. Keunggulan lainnya adalah ayam akan bisa bertahan di segala musim baik itu penghujan maupun musim panas. Jika musim panas Anda tidak terlalu khawatir dengan ayam yang berada di kandang terbuka, namun jika sudah musim penghujan berbagai macam penyakit bisa muncul dan merugikan peternakan Anda ujar ida.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni juga menyambut baik rencana mantan Walikota Pagaralam 2013-2018 untuk mengembangkan  peternakan Unggas jenis ayam Broiler (Ayam pedaling) dan meminta kepada dinas terkait seperti dinas lingkungan hidup dan Perizinan  untuk mendukung keinginan dan kebutuhan protein masyarakat Pagaralam bisa di penuhi ujar Alpian.

Wartawan : Aceng

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *