BERITA UTAMAPALEMBANG

Wajib Ikuti Ujian Kompetensi Usai Jalani UNBK

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri II Palembang, melaksanakan Ujian Kompetensi (UK) usai menjalani Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) pekan lalu. Ujian Kompetensi dikhususkan bagi siswa kelas XII.

“Pekan ini merupakan jadwal UK bagi siswa. Kalau tahun lalu UK dulu baru UNBK, tahun ini kebijakan dari Pemerintah UNBK dulu baru UK,” ujar Kepala SMKN II Palembang Drs Zulkarnain MT melalui Kabeng Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Miyudin di sela-sela memantau UK, Kamis (11/4/2019).

Tidak hanya paket keahlian TBSM, kata Zulkarnain, UK wajib diikuti oleh semua siswa dengan paket keahlian lain. Termasuk paket keahlian laim yang mrnjadi pilihan jurusan di SMKN II Palembang. Mulai dari Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendraaan Ringan, Teknik Tanaga Listrik. Teknik Permesinan, Mekatronika, Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Survei Pemetaan.

Lihat Juga :  Belum Tahu Kapan Berangkat, Antrean Haji Sumsel 140 Ribu Orang

“Masing-masing paket keahlian beda-beda, ada yang 10 hari, ada satu minggu dan lainnya. Nah kalau PBSM dari tanggal 1-12 April dengan diikuti oleh 97 siswa dengan dua shift, shift pagi dan sore,” urainya.

Kendati tak ada kendala yang cukup prinsip karena siswa sudah menjalani UK dengan lancar dan tak melebihi waktu, namun Miyudin mengaku, masih ada siswa yang kadang bingung. Hal tersebut kemungkinan siswa tidak secara belajar secara menyeluruh.

“Jadi kita ada lima komponen, mungkin mereka ada yang satu komponen yang terlewat belajarnya. Kelima komponen uji tersebut adalah tune up atau kelistrikan, sistem pengukuran kelab, sistem kekencangan rantai, CPT atau sabuk menggetakkan roda pada motor matic, PGM AM atau trouble shoting unit kerja,” jelasnya.

Lihat Juga :  Dapat Nilai Kuning, Pelayanan Publik Pemkot Palembang Kurang Memuaskan

“Namun secara global, siswa mampu menjalani UK dengan lancar karena sebelumnya mereka menjalani pra-UK sehingga kesiapan siswa benar-benar matang,” pungkas dia.

Sementara itu, Elza Ade Aprizal, salah satu siswa SMKN II Palembang yang menjalani UK mengaku, selain menjalani Pra-UK, di sekolah telah mempersiapkan UK di rumah dengan mempelajari lima uji komponen yang akan diuji.

“Persiapan sudah belajar, mulai mengukur, semua tekanan kompresi, mengukur sekala AC/DC, menguasai pengukuran lab. Tahanan kompresi, membaca kerusakan dalam kedipan sepeda motor, sensor TP, position dan lainnya. Jadi kalau saya sudah benar-benar siap. Dan kelima-lima komponen sudah kita pelajari, baik di sekolah dan di rumah,” jelasnya.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *