KULINER

Wah Ada ‘Nasi Goreng dan Spaghetti Kopi’ di Lomba Kreasi Makanan

SIBERNAS.com, Palembang РSiapa bilang biji kopi hanya dapat diolah menjadi minuman saja, ternyata biji kopi yang diolah sedemikian rupa dapat dikreasikan kedalam menu makanan baik makanan berat maupun dessert sekalipun.

Ada berbagai macam jenis olahan makanan dari kopi yang di tampilkan oleh 20 peserta lomba ‘Kreasi Makanan Dari Kopi’ yang diselenggarakan oleh Peh Ngopi di Atrium Palembang Square Mall, Sabtu (17/10/2020).

Uniknya, peserta menuangkan kreativitas pada lomba tersebut, seperti membuat nasi goreng tumpeng yang diolah bersama kopi dan menghasilkan nasi goreng berwarna hitam, sate ayam dengan bumbu kuah kacang bercampur kopi.

Berbagai makanan dikreasika dari komi
Seperti olahan pasta spaghetti dari kopi,kue lapis sagu atau kue pepe dari kopi, dessert srikaya kopi mangga, Puding kopi caramelo didampingi fla keju, Opera Cake, Coffee cheese cake boba, sate dengan bumbu kacang bercampur kopi dan nasi goreng tumpeng kopi, Roti lemon, Tiramisu cheese coffee, Dalgona Coffee Oreo, Puding Caffe Egg Caramel, Risoller saos fla, Dalgona Cake, Japanese Pancake Caffe Dalgona, Nasi goreng caffe, Roti caffe, Bolu kukus cappuccino, Sushi dari bahan dasar roti.

Untuk penilaian para juri dilihat dari kebersihan, penampilan dan rasa dari makanan yang di tampilkan.

Salah satu Juri dari Specialists Palembang Food Wyndham Opi Hotel Palembang, Arca Ari, mengatakan semua Peserta memiliki kreativitas yang tidak biasa, menu makanan disajikan mempunyai unsur dan makna tersendiri.

“Menu makanan ditampilkan mempunyai unsur, untuk plating tujuannya tidak hanya mempercantik tetapi apa yang diauguhkan pada plating bisa di makan,”

Sementara itu, Ketua Taspen Sumsel Bunda Raya mengungkapkan kegiatan bertujuan untuk menjalin silahturahmi serta lebih memperkenalkan Kopi Sumsel kepada masyarakat.

“Banyak orang taunya kopi untuk minuman, tapi di kegiatan ini kita kreasikan dan kenalkan kopi yang dibuat kedalam makanan, “katanya.

Juara Pertama Kreasi Makanan Dari Kopi, Pipit permata sari, berhasil mengalahkan peserta lainnya dengan Opera Cake yang dibuatnya.

” Opera berbahan dasar kopi, dari kopi butter cream dan kopi sirup jadi sesuai dengan tema. Dan dibuat kuenya semalem lalu disimpen di freezer baru di garnis,” Kata Pemilik bisnis cake shope @bakehouse_plm.

Untuk Juara Pertama diraih oleh nomor urut 05 dengan Kreasi Opera cake, Juara Kedua diraih oleh nomor urut peserta 04 dengan olahan makanan Puding kopi caramelo didampingi fla keju dan Juara ketiga nomor urut 06 dengan kreasi Coffee cheese cake boba. Sedangkan Harapan pertama di raih oleh mutiara cake, Harapan kedua diraih oleh makanan nasi goreng bakso dan Harapan ketiga di raih oleh nomor peserta urut 2 dengan kreasi makanan kue lapis sagu atau kue pepe dari kopi.

Reporter : Tri jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close