POLITIK

Wabup OKU Ditahan KPK terkait Korupsi Tanah Kuburan

Sibernas.com, Palembang-Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, Johan Anuar, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (10/12/2020).

Johan ditahan atas kasus duhaan korupsi pengadaan Tanah Pemakaman Umum (TPU) di Kabupaten OKU.

“Johan Anuar ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat mulai hari ini 10 Desember 2020 hingga 29 Desember 2020 mendatang,” kata Plt juru bicara Penindakan KPK, Ali

Ali mengatakan, kasus yang membelit Johan Anuar lantaran diduga melakukan korupsi yang menyebabkan kerugian sebesar Rp5,7 miliar akibat pengadaan tanah pemakaman. Kasus pengadaan tanah pemakaman ini dimulai sejak 2013, saat Johan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD OKU.

Johan diduga sejak 2012 telah menyiapkan lahan yang akan ditawarkan ke Pemkab OKU untuk kebutuhan pemakaman.

“Ia diduga telah mentransfer uang sebesar Rp1 miliar kepada Nazirman sebagai cicilan transaksi jual beli tanah untuk merekayasa peralihan hak atas tanah tersebut dengan tujuan harga NJOP-nya yang digunakan adalah harga tertinggi saat dibeli Pemerintah Kabupaten OKU,” jelasnya.

Saat itu Johan menugaskan Kepala Dinas Sosial, Dinas Keternagakerjaan dan Transmigrasi OKU, untuk menandatangani proposal kebutuhan tanah TPU untuk diusulkan ke APBD 2013.

Melalui orang kepercayaannya bernama Hidirman, Johan mengatur pembelian tanah tersebut menggunakan nama Hidirman.

“Johan Anuar aktif melakukan survei tanah mana yang akan dijual untuk pemakaman. Ia juga mengusulkan anggaran TPU dalam APBD Kabupaten OKU 2013 yang memang tidak dianggarkan sebelumnya,” kata Ali.

Editor: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close