OLAHRAGA

Tim Sepakbola Sumsel Bidik Emas di Porwil Bengkulu

Sibernas.com, Palembang-Tim sepakbola Sumsel diminta untuk mempertahankan gelar juara atau medali emas pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019.

Hal tersebut disampaikan PLT Ketua Umum KONI SumselDhennie Zainal pada upacara pelepasan kontingen di Halaman Asrama Haji, Palembang, Selasa (22/10/2019) pagi.

“Ya, pagi ini tim sepakbola Sumsel langsung meluncur ke Bengkulu. Sebagaimana diketahui cabor sepakbola lebih awal dipertandingkan di ajang Porwil 2019,” ujar Dhennie Zainal.

Sumsel sendiri bakal hadapi Sumatera Utara pada laga perdana, 26 Oktober nanti. Sumsel tergabung di Grup B. Selain Sumut juga bertengger klub kandidat juara macam Aceh. Selain itu ada Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

“Kalian ini adalah pemain-pemain terbaik di Sumsel. Di belakang kalian ada 8 juta lebih penduduk Sumsel. Artinya apa, kalian harus bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumsel,” kata Dhennie.

Mantan Ketua DPD KNPI Kota Palembang ini juga berpesan agar para atlet sepakbola bisa menjaga nama baik Sumsel.

“Paling penting semua atlet harus jaga sportifitas, harus fair play,” tambah mantan Anggota DPRD Sumsel ini.

Dhennie juga meminta pada anak didik Handri Wicaksana ini untuk tidak keder. Meskipun kini tergabung di grup ‘neraka’.

“Tetap harus optimis. Karena saya yakin dengan kemampuan, dan skill para atlet sepak bola Sumsel. Meskipun persiapan singkat, karena pemain sudah cukup jam terbang dengan berlaga di Liga 3 Wilayah Sumsel 2019,” pungkas pria asal Kayuagung OKI ini.

Sementara itu Handri Wicaksana, pelatih kepala tim sepakbola Sumsel menambahkan, persiapan sudah maksimal. Pihaknya sudah melakukan training center (TC) sejak 17 Oktober lalu dengan menginap di Asrama Haji dan berlatih di Stadion Garuda Sriwijaya, Komplek Jasdam Kodam II Sriwijaya.

Karena itu dia, bersama pemain siap bekerja keras untuk mempertahankan medali emas. Sebagaimana diketahui dalam Porwil X Sumsel di Bangka Belitung 2015, sepakbola Sumsel juara, pada partai final berhasil mengalahkan Sumut.

“Alhamdulillah semua pemain siap tempur. Semua pemain dalam kondisi prima,” tambah Hendri ,sapaan akrabnya.

Mantan pelatih SYSA Muba ini juga cukup yakin dengan materi pemain yang dibawa ke Kota Raflesia ini.

“Sebagian besar pemain Liga 3. Ada dari Muba United, PS Palembang, Persimura, PS Bank Sumsel dan PS PALI. Ya, kita berharap doa dan dukungan dari masyarakat Sumsel,” tukas dia.

Sekadar informasi sepakbola Porwil dibagi dalam dua grup. Adapun grup A dihuni Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumbar dan Riau. Sepakbola Porwil digelar di dua setadion. Grup A di Stadion Semarak Bengkulu dan Grup B di Stadion Padang Panjang, Bengkulu.

Pertandingan dimulai 24 Oktober dan berakhir 2 November. Juara masing-masing grup bakal melaju ke final di Stadion Semarak Bengkulu dan mendapatkan jatah tiket PON Papua 2020.

Sementara Porwil 2019 di Bengkulu sendiri secara resmi baru akan digelar 3-9 November mendatang. Ada 11 cabor olahraga. Selain sepak bola diantaranya ada atletik, renang, panjat tebing, catur, bulutangkis, kempo, biliar, tinju, muaythai, dan bola voli. Kontingen Sumsel sendiri diperkirakan akan meluncur ke Bengkulu, 1 November nanti.

Cabor Sepakbola Porwil X Sumatera 2019

Grup A
1.Bengkulu
2.Jambi
3.Lampung
4.Riau
5.Sumatera Barat

Grup B
1.Sumatera Utara
2.Bangka Belitung
3.Aceh
4.Kepulauan Riau
5.Sumatera Selatan

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close