Uncategorized

Tiga Inovasi Pelayanan Publik di Sumsel Masuk Top 99 Nasional

"Mindset masyarakat harus diubah. Pelayanan seharusnya dengan istilah jemput bola dan inovasi pelayanan publik yang juga tidak hanya mengandalkan loket, yang bersifat statis," kata Herman Deru.

SIBERNAS.com, Palembang – Tiga inovasi pelayanan publik di wilayah Sumsel masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2018. Pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia ini, tiga layanan itu meliputi satu program dari Pemprov Sumsel dan dua dari Pemkab Muaraenim.

Kebanggaan Gubernur Sumsel, Herman Deru, pun diekspresikan dengan menggelar Launching dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Sumsel 2018 di Griya Agung, Senin (3/12/2018). Menurut Deru, tidak hanya inovasi yang terus berkembang. Hal terpenting adalah mengubah mindset para aparatur sipil negara (ASN), pemerintah daerah, dan masyarakat yang tidak lagi ingin cepat saja dalam hal administrasi.

Mindset masyarakat harus diubah. Pelayanan seharusnya dengan istilah jemput bola dan inovasi pelayanan publik yang juga tidak hanya mengandalkan loket, yang bersifat statis,” katanya.

Lihat Juga :  Bahan 4 Batu Nisan Kuno Ditemukan di Galian Proyek IPAL ini Dipesan Khusus di Zamannya

Sistem berbasis digital memang sangat baik. Namun, layanan secara menyeluruh, terutama  daerah terpencil yang sulit akses sinyal dan internet tidak memungkinkan.

“Hal ini membutuhkan kerja komprehensif seluruh bagian di Sumsel,” katanya.
Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel me-launching website jaringan inovasi pelayanan publik, gerakan One Agency Innovation, Klinik Inovasi Pelayanan Publik, dan Kompetisi Inovasi  Pelayanan Publik Tingkat Provinsi 2019. Acara juga diisi dengan talkshow inovasi pelayanan publik.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A., mengatakan bahwa perlu ada upaya terobosan bidang inovasi pelayanan publik, dengan meningkatkan simpul kerja sama antara nasional dan daerah.

Lihat Juga :  Bahan 4 Batu Nisan Kuno Ditemukan di Galian Proyek IPAL ini Dipesan Khusus di Zamannya

“Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) ini diharapkan akan mewujudkan invoasi dan sarana pembelajaran tidak hanya di kota-kota besar, tapi merata di daerah lainnya,” ujarnya.

Untuk merealisasikannya, kata Diah, perlu komitmen pemimpin tertinggi, daerah, hingga ke bawah.
Tiga Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sumsel yang masuk dalam Top 99 Tingkat Nasional meliputi, inovasi pelayanan publik berjudul “Pempek Ikan Belida Project Perekaman Mata untuk Pengobatan Katarak dari RS Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan; “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” (Rumah Pembinaan Bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi) Bagian Perekonomian dan SDA Kabupaten Muaraenim; dan “Silakan Deh” (Layanan Keuangan dan Aset Daerah Terpadu Satu Pintu) dari BPKAD Kabupaten Muaraenim.

Reporter : Maya Citra Rosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *