BERITA UTAMAOLAHRAGA
Trending

Tidak Menggunakan Pelatih Fisik, Ini Alasan Kas Hartadi

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Menghadapi kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2019, ada sesuatu yang berbeda dari skuad Sriwijaya FC (SFC). Tidak seperti musim sebelumnya, musim ini, SFC tidak menggunakan jasa seorang pelatih fisik.

Musim lalu, SFC menggunakan jasa Pelatih Fisik Muh Akmal Almy. Di tahun-tahun sebelumnya, SFC sangat mengandalkan Keith Kayamba Gumbs. Tidak hanya sebagai pelatih fisik, Kayamba juga merangkap sebagai pemain.

Musim ini, Pelatih SFC Kas Hartadi hanya dibantu tiga asisten pelatih, yakni Asisten Pelatih Hartono Ruslan, Pelatih Kiper Ferry Rotinsulu, dan Asisten Pelatih Kiper Indrayadi. Lalu, apa alasan SFC tidak menggunakan jasa pelatih fisik?

Pelatih SFC Kas Hartadi menjelaskan, di era sepakbola saat ini jasa pelatih fisik mulai tidak digunakan. Makanya, banyak klub yang sudah tidak menggunakan pelatih fisik.

Lihat Juga :  Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste 4-1

“Saat saya mengikuti pelatihan lisensi A AFC, semua materi pelatihan fisik sudah diajarkan. Sekarang, materi latihan fisik tidak terpisah, melainkan langsung dengan bola. Jadi banyak sekarang pelatih fisik tidak laku,” jelas Kas Hartadi saat dibincangi Sibernas.com, Selasa (14/5/2019).

Kas menjelaskan, dalam latihan fisik ada tiga poin utama yang diterapkan, yakni endurance atau daya tahan, speed atau kecepatan, dan agility adalah kelincahan.

“Jadi tiga menu latihan ini dilihat langsung dengan bola, jadi tidak lagi dilatih terpisah. Itu alasan kita musim ini tidak menggunakan jasa pelatih fisik,” beber arsitek asal Solo.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *