PENDIDIKAN

Terapkan Permendikbud, Guru Harus Paham Kaidah Penyusunan Soal US

Sibernas.com, Palembang-Berangkat dari program Merdeka Belajar yang digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Perguruan Tinggi (Mendikbud) Nadiem Makarim, yang tertuang di surat edaran Nomor tahun 2020 tentang kemerdekaan belajar dalam penentuan kelulusan peserta didik diserahkan kebijakan sekolah masing – masing.

Serta Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 untuk tahun 2020 dikembalikan ke sekolah agar sekolah tidak terbelenggu oleh aturan ujian sekolah (US) yang menjadi dominan sekolah.

Sehingga seorang guru wajib memahami kaidah pembuatan soal yang bisa menjadi barometer untuk tingkat keberhasilan siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa.

“Sekolah diberikan kewenangan pembuatan penulisan soal.Tetapi harus sesuai dengan kaidah – kaidah yang telah ditentukan, guru berupaya untuk belajar. Ini saatnya guru yang belum bisa membuat soal ya harus belajar membuat soal,” ujar Kasi Kurikulum SD Disdik Kota Palembang Farida, usai memberikan sosialisasi pembuatan soal US dengan kepala sekolah negeri dan swasta di Aula Disdik Kota Palembang, Rabu (26/2/2020).

Lihat Juga :  STIQ Al Lathifiyyah Palembang Hasilkan 13 Orang Hafiz Quran 30 Juz

Farida menambahkan, guru di setiap satuan pendidikan harus bisa membuat soal, maka bagi sekolah yang membuat post dan kisi – kisi pelaksanaan US nantinya harus diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang . Kemudian post dan kisi – kisi harus disosialisasikan kepada orangtua murid dan murid.

“Agar pembuatan soal dapat dibuat oleh sekolah sesuai dengan kaidah, pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang akan memberikan pelatihan. Dalam pelatihan ini diharapkan sekolah dapat mengirimkan guru-guru yang benar-benar memahami IT,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan untuk ujian praktek dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 27 april 2020 sedangkan US pada tanggal 4 sampai 7 Mei 2020.

“Jadi dari saat ini guru mulai menyusun soal bagaimana kaidah yang diinginkan yang memenuhi karakter dan pembelajaran selama ini,” pungkasnya.

Lihat Juga :  Sekolah Bisa Gunakan 5 Persen Dana BOS Untuk Pengembangan Perpustakaan

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *