EDUKASI

Tak Ingin Menumpuk di Sekolah Tertentu, Disdik Ubah Skema PPDB SMP

Sibernas.com, Palembang-Guna mengatasi penumpukan pendaftaran di sekolah-sekolah tertentu pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahun ajaran 2020-2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mengubah skema penerimaan.

Awalnya, siswa boleh mendaftar lebih dari satu sekolah dengan mendaftar jalur prestasi lebih dahulu kemudian jika tak lulus maka ikut jalur zonasi.

“Kalau sekarang diubah, jadi PPDB SMP dilakukan serentak dari empat jalur yang ada. Dan yang paling penting adalah satu siswa hanya bisa mendaftar satu sekolah melalui satu jalur,” tegas Kepala Bidang SMP Disdik Palembang Hasodo, Rabu (13/5/2020).

Didampingi Kasi Kurikulum Drs Surmana, MM, dan Kasi Peserta Didik Sri Rumi, SPd MSi, Hasodo menambahkan, empat jalur PPDB yang dibuka secara serempak sendiri adalah jalur zonasi dengan kuota 50 persen, afirmasi sebanyak 15 persen, perpindahan orangtua 5 persen dan jalur prestasi 30 persen.

Lihat Juga :  Pelayanan Sekolah Hanya Lima Jam Saat PSBB

“Jadi silakan bagi yang yakin dengan jalur prestasi bisa lewat jalur prestasi dengan memilih sekolah yang dituju. Sedangkan jalur zonasi adalah sekolah terdekat,” urainya.

Menurut Hasodo, proses PPDB jenjang SMP sendiri saat ini sudah berjalan dari 11-19 Mei 2020 dan dilakukan secara online. Sebelumnya sekolah telah melakukan sosialisasi dengan wajib memasang spanduk pengumuman mekanisme PPDB di sekolah masing-masing.

“Dan kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan jika diperlukan nantinya sebagai langkah pencegahan,” pungkasnya.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close