BERITA UTAMA

Tahun 2025, 50 Persen Dosen UTP Sudah Bergelar S3

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Universitas Tridinanti Palembang (UTP) menargetkan tahun 2025, sebanyak 50 persen dosen UTP harus bergelar Strata 3 (S3). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pendidikan serta meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM).

“Jadi dosen harus S3 semuanya. Tidak ada lagi S2,” kata Rektor UTP Dr Ir Nyimas Manisah usai dilantik menjadi Rektor UTP periode 2019-2023 di gedung Auditorium UTP, Selasa (11/6/2019).

Dia menjelaskan, saat ini baru 46 dosen yang berstatus S3 dari jumlah 216 dosen UTP. Oleh karena itu, syarat menjadi dosen hari berpendidikan S2, kalau bisa sudah S3.

“Kalau sudah memilih dosen sebagai profesi harus minimal doktor. Tidak boleh hanya S2,” tuturnya

Lihat Juga :  Terancam Dihapus, Ini Solusi 4500 Guru Honorer dari Walikota Palembang

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian riset. Dosen juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan melalui penerapan penelitian-penelitian.

“Makanya kita ingin tingkatkan lagi riset dosen. Tapi Alhamdulillah riset dosen kita sudah menduduki 3 terbanyak se-Kota Palembang. Kita berharap riset dosen lebih banyak lagi,” harapnya.

Untuk program ke depan, lanjut Manisah, pihaknya akan meningkatkan kualitas lulusan yang dapat bersaing di era industri 4.0. Dengan tercipta lulusan yang berkualitas akan bisa bersaing secara global.

“Kita ada kerja sama dengan pihak industri, makanya lulusan kita disiapkan harus punya keterampilan dan bisa bersaing secara global,” tutupnya.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *