NASIONAL

Syarat Vaksin Ke-3 Booster COVID-19 dan Cara Cek Jadwalnya

SIBERNAS.com, Jakarta — pemerintah mulai melakukan program vaksinasi booster untuk masyarakat umum, vaksinasi booster dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Program ini gratis bagi masyarakat Indonesia.

“Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

“Pemberian vaksin ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama,” ucap Jokowi.

Syarat Vaksin Ke-3 Booster Gratis
Dilansir dari laman resmi Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan RI, ada sejumlah syarat vaksin ke-3 booster yang harus diperhatikan, antara lain:

Berusia 18 tahun ke atas
Telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan
Pemberian vaksin diprioritaskan untuk:
a. orang lanjut usia (lansia)
b. penderita imunokompromais
Petugas kesehatan akan memberikan vaksin ketiga didasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin.

Cara Cek Tiket-Jadwal Vaksin Ke-3 
Kini syarat vaksin ke-3 telah diketahui. Masyarakat yang tergolong kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi atau website resmi PeduliLindungi. Nantinya akan muncul tiket vaksin dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat sesuai jadwal yang ditentukan.

Lihat Juga :  Kemenag Hentikan Pengiriman Jamaah Umrah Tanah Air

Ada dua cara yang dilakukan, yaitu:

Kunjungi situs pedulilindungi.id
Masukkan ‘nama lengkap’ dan ‘NIK’ untuk mengecek status dan tiket vaksinasi ke-3. Kemudian klik ‘periksa
Jika kamu termasuk kelompok prioritas, akan muncul tiket dan jadwal vaksin ke-3.

Cara Cek Tiket-Jadwal Vaksin Ke-3 di Aplikasi PeduliLindungi
Selain melalui website, cek tiket dan jadwal vaksin ke-3 dapat dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya:

Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi melalui AppStore atau PlayStore
Jika sudah, buka aplikasi PeduliLindungi di handphone
Masuk dengan akun yang terdaftar
Pilih menu ‘Profil’ lalu pilih ‘Status vaksinasi dan hasil tes COVID-19’
Nantinya akan muncul status dan jadwal vaksinasi booster
Untuk mengecek tiket vaksin, pilih menu ‘Riwayat dan Tiket Vaksin’
Sebagai catatan, jika termasuk kelompok prioritas namun saat mengecek belum ada jadwal dan tiket vaksinasi booster, silakan datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan melampirkan KTP asli dan surat keterangan vaksin dosis 1 dan 2.

Pemberian kombinasi vaksin booster dilakukan sesuai pertimbangan para peneliti di dalam dan luar negeri dan telah dikonfirmasi oleh BPOM dan ITAGI, yaitu:

Lihat Juga :  Setelah 2023, Pemerintah Pastikan Tidak Ada Lagi Tenaga Honorer

Vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
Vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.
“Ini adalah kombinasi awal vaksin booster yang akan kita berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada, dan juga hasil riset yang sudah disetujui oleh Badan POM dan ITAGI. Nantinya bisa berkembang tergantung kepada hasil riset baru yang masuk dan juga ketersediaan vaksin yang ada,” ucap Menkes Budi sebagaima yang dilansir dari detikcom

Kombinasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan rekomendasi dari ITAGI. Kombinasi sudah sesuai dengan rekomendasi WHO, yakni vaksin booster diizinkan menggunakan vaksin yang sejenis atau homolog atau juga bisa vaksin yang berbeda atau heterolog.

Jenis heterolog adalah vaksinasi booster menggunakan vaksin berbeda dengan dosis pertama dan dosis kedua. Sedangkan homolog adalah vaksinasi booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama seperti vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *