LIFESTYLE

Susu Kambing vs Susu Sapi

SIBERNAS.com — Susu sapi mungkin lebih dikenal ketimbang susu kambing. Meski sama-sama menawarkan manfaat kesehatan, namun keduanya memiliki banyak perbedaan.

Susu memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Tak hanya pada anak, susu juga baik dikonsumsi oleh orang dewasa.

Pada umumnya, susu dan berbagai produk olahannya mengandung protein, lemak, dan sejumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Berikut beda susu sapi dan susu kambing, mengutip berbagai sumber.

  1. Nutrisi

Susu kambing diketahui hadir dengan kandungan lemak yang lebih tinggi daripada susu sapi. Secangkir susu sapi mengandung kalori sebesar 149 kkal dan 8 gram lemak. Angka ini lebih rendah daripada susu kambing yang menawarkan 168 kkal kalori dan 10 gram lemak.

Selain itu, baik susu kambing maupun susu sapi juga diperkaya akan vitamin dan mineral. Mengutip The Spruce Eats, kandungan vitamin B12 dan asam folat ditemukan lebih tinggi pada susu sapi. Sementara vitamin A, D, kalsium, dan selenium ditemukan lebih tinggi pada susu kambing.

  1. Rasa

Pada dasarnya, susu kambing dan sapi memiliki rasa yang sama. Perbedaan rasa umumnya terjadi akibat proses pengolahan atau pola makan hewan.

Mengutip Cultures for Health, banyak orang yang mengatakan rasa susu kambing sedikit lebih manis daripada susu sapi.

  1. Warna

Susu kambing disebut lebih putih jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kambing dalam mengubah karoten dalam makanan menjadi vitamin A yang membuat susu yang dihasilkan terlihat lebih putih.

  1. Pencernaan

Gumpalan lemak yang lebih kecil pada susu kambing membuat enzim pencernaan dapat memecahnya dengan lebih cepat. Keunggulan ini menjadi alasan banyak orang lebih menyukai susu kambing daripada susu sapi.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close