OLAHRAGA

Sumsel Kebut Renovasi Stadion GSJ Palembang

Sibernas.com, Palembang-Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, bakal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20 pada 2021.

Untuk itu, sampai saat ini persiapan renovasi stadion masih terus dikebut. Salah satu renovasi yang dikebut adalah perbaikan rumput lapangan utama Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Direktur Operasional PT Jakabaring Sport City Bambang Supriyanto mengatakan, saat ini perbaikan rumput Stadion GSJ Palembang sudah mencapai 75 persen.

“Kami menargetkan perbaikan ini bisa selesai di awal November nanti. Sekarang sudah proses, masih ada waktu untuk kita selesaikan,” katanya, Senin (12/10/2020).

Bambang menjelaskan, perbaikan rumput dilakukan dengan menggandeng kontraktor yang sudah berpengalaman dengan target selesai pada awal November 2020. Selain memperbaiki lapangan rumput, pembenahan juga dilakukan untuk kursi penonton, kursi pemain cadangan serta beberapa fasilitas pendukung lainnya sesuai dengan rekomendasi tim teknis PSSI.

“Pada pekan ini juga mulai dilakukan pengecatan bangku penonton dengan ornamen sesuai rekomendasi Kementerian PUPR, yang menyerupai bangku penonton di Stadion Gelora Bung Karno,” jelasnya.

Lihat Juga :  KONI Sumsel Sayangkan Cabor Unggulan tak Dipertandingkan di Papua

Diungkapkannya, Selain fokus pada area Field of Play (FOP), beberapa fasilitas pendukung di dalam stadion juga turut dibenahi berdasarkan hasil rekomendasi tim teknis PSSI Pusat yang telah berkunjung ke Palembang pada 27 Agustus lalu.

“Fokus kami memang lebih ke rumput stadion karena perbaikannya membutuhkan waktu, harus ada pemeliharaan. Sementara sarana pendukung lain, relatif tidak terlalu sulit karena stadion ini biasa menggelar pertandingan berskala internasional,” ungkap Bambang.

Sementara itu, Pemprov Sumsel juga mengejar penyelesaian 16 rekomendasi yang diberikan PSSI beberapa waktu lalu. Bahkan Gubernur Sumsel Herman Deru sudah kucurkan anggaran sekitar Rp56 miliar untuk persiapan menggelar Piala Dunia U20 tersebut.

Anggaran ini berasal dari sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Pemprov Sumsel.

Lihat Juga :  Berkat Dua Bocah 17 Tahun, Barcelona Bikin Sejarah

“Ini bukan hanya untuk perbaikan stadion, namun juga untuk fasilitas, sarana dan prasarana lain,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo.

Yusuf mengatakan, pihaknya meyakini 16 rekomendasi yang diberikan PSSI beberapa waktu lalu akan dipenuhi.

“Kita akan fokus menyelesaikan semua rekomendasi dan membenahi stadion serta penunjang lain untuk persiapan Piala Dunia U-20 mendatang,” katanya

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, selain menggunakan APBD, pihaknya juga sudah mendapat bantuan dari pusat melalui APBN untuk mempersiapkan Palembang sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

“Ada bantuan dari pusat, mereka yang men-tenderkannya. Kita dapat bantuan untuk tiga stadion penunjang latihan,” katanya seraya menambahkan bahwa bantuan tersebut, ditujukan untuk perbaikan lapangan bisbol, lapangan atletik, dan lapangan panahan yang bakal menjadi tempat latihan para tim pemain di Piala Dunia U-20.

Reporter: Maulana
Editor: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close