EDUKASI

Sumsel Belum Pasti Gelar Sekolah Tatap Muka Juli Ini

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel tidak ingin tergesa-gesa dalam menerapkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli 2021.

Pasalnya, tiga bulan jelang pelaksanaan PTM, berbagai mekanisme akan dilakukan agar sekolah benar-benar siap. Termasuk akan menyelenggarakan simulasi PTM.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Pahlevi mengatakan, simulasi PTM terbatas ini masih akan dijadwalkan terkait tempat dan waktunya.

“Kita masih siapkan di mana saja dan kapan saja kita akan siap untuk gelar simulasi PTM terbatas ini,” ungkap Riza, Kamis (15/4/2021).

Jika nanti PTM secara terbatas ini jadi digelar dibulan Juli nanti dan saat berjalan ada indikasi penyebaran Covid-19 maka secara langsung kegiatan harus dihentikan.

Lihat Juga :  Simak Keutamaan Menjalankan Puasa Syawal

“Jika menimbulkan kluster baru ya langsung stop pembelajaran, tak perlu lagi minta ijin karena ini sifatnya genting. Yang penting kita gelar PTM tidak sampai menimbulkan kluster baru,” bebernya.

Namun begitu, keputusan jadi atau tidak PTM di bulan Juli mendatang masih menunggu keputusan Gubernur Sumsel. Yang jelas, lanjut Riza, persiapan PTM terbatas ini tidak sama junlah jamnya dihari biasa apalagi ditengah pandemi Covid-19.

“Nanti akan kita atur lagi untuk PTM terbatas ini. Semuanya dilakukan secara terbatas dengan mengedepankan protokol kesehatan,” tutur Riza.

Lanjut Riza, dalam pelaksanaan PTM terbatas nanti ada beberapa kegiatan yang dilarang di sekolah.
Seperti aktivitas ekstrakulikuler dan tak boleh ada kantin yang buka. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadi kerumunan sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19.

Lihat Juga :  Simak Keutamaan Menjalankan Puasa Syawal

Karena itu, sekolah diminta untuk menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, masker, cek suhu. Ini saya rasa sudah semua dilakukan oleh setiap sekolah,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close