BERITA UTAMANASIONAL

Sumbar Dan Bengkulu, Dalam Intaian Gempa Tsunami

Warga Dua Provinsi Diminta Waspada

SIBERNAS.COM BENGKULU. – Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, (Sumbar) diintai gempa maha dahsyat bermagnitudo 8,9 SR dan berpotensi tsunami. Hal itu disampaikan langsung Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, usai mengunjungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu, Sabtu siang (4/5/19).

Ia mengemukakan pernyataan tersebut berdasarkan pendapat 5 ahli kegempaan Jepang dengan fokus penelitian Pulau Mentawai di Sumatera Barat.

” Ini menjadi peringatan untuk selalu waspada karena dampaknya mampu mencapai kawasan pesisir termasuk bengkulu,” katanya seperti dikutip dari kompas.com

“Saat ini, gempa maha dahsyat masih mengendap di 20 mill Kepulauan Mentawai. Tepatnya, di Samudera Hindia. Jika gempa maha dahsyat itu terjadi, akan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 12 meter,” ujarnya seraya menyebut gelombang tsunami itu akan menyapu kawasan di pesisir barat Sumatera. Termasuk, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu dengan kecepatan mencapai 827 kilometer.

Lihat Juga :  Istri Alex Noerdin Dipanggil KPK Terkait Korupsi Anaknya

”Lima ahli gempa dari Jepang ke Mentawai. Mereka memprediksi ada gempa yang masih mengendap dengan kekuatan mencapai 8,9 SR. Tapi, kalau gempa sering terjadi gempa besar itu tidak akan terjadi. Kita harus mempersiapkan diri,” Nasrul menyarankan.

Lebih lanjut Nasrul berharap bahwa hal tersebut akan menjadi sinyal untuk waspada bagi warga Sumatera Barat dan Bengkulu.

Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *