BERITA UTAMAPALEMBANG

SMAN 21 Palembang Cetak Lulusan Jadi Pengusaha

SIBERNAS.com, PALEMBANG- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 21 Palembang terus memberikan inovasi kepada para siswanya untuk lulus dan kuat menghadapi kompetisi. Termasuk mencetak pengusaha pemula untuk menjadi seorang pengusaha.

“Sebagai sekolah percontohan wirausaha, SMAN 21 Palembang terus memberikan inovasi untuk mendidik anak menjadi pengusaha. Contohnya kemarin ada anak kita sudah lulus dan punya usaha kripik bayam,”ujar Kepala SMAN 21 Palembang Drs Zulkarnain, belum lama ini.

Selain melakukan pembinaan dan pendampingan bagi siswa, mereka juga terus berupaya mencari bantuan pendanaan bagi siswa untuk memberikan sentuhan dan motivasi bagi mereka.

Dia mencontohkan, tahun lalu mereka mendapat bantuan Rp100 juta dari pemerintah. Bantuan itu diberikan kepada kelompok siswa melalui usaha pemula dan juga diterapkan usaha di sekolah yang dilakukan oleh siswa.

Lihat Juga :  Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Jual Minyak Goreng Rp14.000 per 2 Liter

Salah satunya tempat ternak lele dan kebun hidroponik yang sengaja dibuat untuk motivasi siswa agar tertanam menjadi wirausaha. Terlepas nanti setelah lulus mau kuliah di perguruan tinggi favorit mereka, tetapi setidaknya ada pembekalan jiwa pengusaha dari sekolah.

“Jadi ternak lele dan kebun hidroponik ini mereka siswa yang mengerjakan, dan kita guru melakukan pendampingan. Kami juga berharap agar terus bisa menjadi pencetak wirausaha pemula di usia sekolah ditengah lapangan kerja yang sangat sulit dan kompetitif saat ini,” tuntas Zulkarnain.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *