NASIONAL

Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1441 H Digelar Sore Ini

SIBERNAS.com, Jakarta — Sidang isbat 1 Syawal 1441 Hijriyah atau hari Raya Idulfitri tahun ini sesuai jadwal akan diselenggarakan pada Jumat, 22 Mei 2020 atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1441 H. Sidang ini akan dilakukan dengan protokol kesehatan dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19).

Sidang isbat penentun Idulfitri ini akan digelar Kementerian Agama secara terbatas. Dengan demikian, tidak semua perwakilan hadir secara fisik di Kantor Kementerian Agama. Sidang akan dipimpin langsung oleh Menag Fachrul Razi.

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” keterangan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Agus Salim pada Sabtu (16/5) dikutip laman Kementerian Agama.

Lihat Juga :  Setelah Turun 7000 Ribu, Hari Ini Harga Emas Macet di Rp1,030 per Gram

Sidang isbat kali ini akan dilakukan seperti ketika penentuan awal Ramadan lalu. Sidang dimulai pukul 17.00 WIB dengan agenda pemaparan posisi hilal awal Syawal 144I H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya. Selepas magrib, akan ada laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sidang isbat penentuan Idulfitri ini akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool. Langkah ini diambil karena peliputan media akan dilakukan secara terbatas mengikuti protokol kesehatan. Selain itu, live streaming pengumuman sidang isbat ini dapat dipantau melalui media sosial Kemenag meliputi Facebook, Instagram, dan Youtube.

Sementara di Palembamg, penentuan rukyatul hilal akan dilaksanakan di atas gedung Rukyatul Rafah tower UIN Raden Fatah Palembang. Pelaksanaannya dijadwalkan pukul 17.00. (*/sumber: kemenag.go.id)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close