PENDIDIKAN

Sekolah SDN 1 Darat di Tengah Pembelajaran Tatap Muka

OLEH : Ummi Kalsuma Mareta

(Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang)

Pemerintah membuka pembelajaran di sekolah dasarĀ  (SD) mulai tahun ajaran baru 2021/2022.

Beberapa aktivitas masyarakat mulai dilonggarkan, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar bagi siswa sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, sampai SMA.

Namun, keputusan tersebut tetap disesuaikan kembali dengan kebutuhan serta kondisi masing-masing daerah. bagi orang tua yang mengizinkan anaknya mengikuti PTM, tentunya perlu kesiapan yang matang dalam mendampingi anaknya.

Apa saja upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak-anaknya dalam mengikuti sekolah tatap muka di tengah pandemi.

Dengan diberlakukannya kembali sekolah tatap muka di SDN 1 Darat. Semua pihak harus mempersiapkan diri terutama staf sekolah harus memfasilitasi apa yang dibutuhkan murid selama proses belajar mengajar berlangsung pada masa di covid-19.

Terutama bagi orang tua siswa, dimana peran orang tua saat sekolah sangat penting dalam membantu mempersiapkan anaknya menghadapi proses belajar tatap muka di sekolah.

Melakukan PTM saat covid-19 tentunya berbeda dengan kondisi seperti biasanya sebelum adanya pandemi.

Untuk itu perlu adanya upaya dari guru untuk menyampaikan kepada murid tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan terutama mengingatkan mereka untuk mematuhi kebisaan 3M, yaitu mencuci tangan, mengenakan maske, dan menjaga jarak selama berada di lingkungan sekolah.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *