LIFESTYLE

Sedang Naik Daun! Berikut Ikan Chana yang Berasal dari Indonesia

Ikan gabus hias yang dikenal dengan sebutan Chana tau Emperor Snakehead (Channidae) Sedang naik daun saat ini.

Ikan chana merupakan predator alam yang berhabitat di perairan tawar di Asia. Disebut Emperor Snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular.

Channa memiliki 50-an spesies yang tersebar di seantero Asia hingga Afrika (Parachanna). Dan 8 diantaranya berasal dari perairan air tawar di Indonesia. Berikut 8 jenis channa yang berasal dari Perairan Indonesia :

1. Channa Striata

Channa Striata sering kita jumpai di pasar dijual untuk dikonsumsi. Dikenal dengan nama Ikan Gabus Lokal dan bisa dijumpai di seluruh Indonesia. Banyak dari Channa Keepers yang mulai memelihara Channa Striata, hanya saja yang berjenis Albino.

2. Channa Micropeltes

Channa Micropeltes lebih dikenal dengan sebutan Ikan Toman. Tentu nama Ikan Toman sudah tidak asing lagi didengar bagi kalangan penghobi memancing karena tarikannya yang dahsyat dan juga ukurannya yang bisa mencapai 1,3 meter. Channa Micropeltes mempunyai nama lain yaitu Giant Snakehead, karena C. Micropeltes merupakan spesies terbesar di dalam sukunya.

3. Channa Marulioides

Channa Marulioides merupakan channa Indonesia yang paling terkenal, bahkan hingga ke mancanegara dan memiliki harga yang cukup mahal untuk kualitas yang bagus. Di alamnya Channa Marulioides bisa tumbuh hingga 80cm lebih. Channa Marulioides mempunyai sub spesies lainnya, seperti borneo, sampit, dan riau.

4. Channa Limbata

Channa Limbata diakui dunia dengan nama Gachua. Di Indonesia sendiri banyak ditemui di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Di Alamnya Channa Limbata dapat tumbuh mencapai ukuran 20cm.

5. Channa Bankanensis

Sesuai dengan namanya Channa Bankanensis atau Bangka Snakehead merupakan channa asli dari kepulauan Bangka. Banyak ditemui di daerah Bangka Belitung, dan juga beberapa di Sumatera dan Kalimantan. Channa Bankanensis memiliki keunikan ketika sedang marah insangnya akan mekar seperti ikan cupang.

6. Channa Lucius

Channa Lucius dikenal juga dengan nama Forest Snakehead karena terdapat di sungai-sungai di dalam hutan. Banyak ditemui di daerah Kalimantan. Namun channa yang satu ini punya kekurangan jika untuk dikoleksi di dalam aquarium, karena Channa Lucius tergolong ikan yang pemalas dan kurang aktif.

7. Channa Melanoptera

Channa Melanoptera banyak dijumpai di daerah Sumatera dan Kalimantan. Namun sayang channa jenis ini kurang populer untuk dipelihara atau dikoleksi karena mempunyai warna dan motif yang kurang menarik.

8. Channa Pleurophthalma

Channa Pleurophthalma atau yang sering disebut Channa Pleuro. Channa jenis ini memiliki motif unik yang menyerupai motif pada ikan Peacock Bass. Namun sayang channa jenis ini sangat kurang peminatnya dikarenakan harganya yang terlalu murah dipasaran. Bahkan untuk ukuran dewasa (±40cm) hanya dihargai Rp.80.000-Rp.150.000/ekornya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open