SUMSEL

Rumah Zakat Melakukan Pemberdayaan Lansia

Harapannya acara ini bisa kita laksanakan 2 minggu sekali sehingga lansia di desa ini semakin sadar akan kesehatan dan menjaga pola hidup sehat

SIBERNAS.com, Ogan Ilir –  Rumah Zakat sebagai Lembaga social peduli terhadap kesehatan, kali ini melakukan pemberdayaan kepada lansia yang dilakukan di desa Talang Balai Baru II. Tanjung Raja , Kab. Ogan Ilir.

Program ramah lansia ini berjalan untuk tiga bulan kedepan dan sudah tiga bulan terakhir melakukan temu kelompok lansia perempuan masak bersama dan kunjungan kerumah-rumah lansia sambil membagikan minuman sehat yang menjadi langkah pemberdayaan lansia  bagi warga desa Talang Balai baru II berapa bulan kedepan, membagikan minuman sehat secara gratis.

Hal ini diungkapkan Oleh Ari Saaputra Relawan Inspirasi Rumah Zakat kepada Rumah Zakat News (11/02).

“pemberdayaan ini kita lakukan salah satunya dengan mengunjungi para lansia yang berada di desa Talang Baru ii di rumahnya. Warga sangat senang dan antusias saat kegiatan dilaksanakan,” tambah Ari.

Lihat Juga :  Pemprov Sumsel Lanjutkan Pemberian Bantuan Untuk LKS

Penyuluhan yang kita lakukan tentang tanaman obat dan tata cara pola hidup sehat yang dibantu oleh Sriyana Mailah,SKM tentang tanaman-tanaman obat keluarga (TOGA) yang ada disekitar kita.

Para lansia ini juga diberi petunjuk tentang cara membuat minuman sehat, yaitu minuman yang air kelapa muda di campur dengan tumbuhan selasih.

Air minum campuran ini bermanfaat untuk membersikan paru-paru buat lansia yang kecanduan rokok, meringankan panas dalam, memperbaiki metabolisme tubuh agar stabil karena bisa memicu kolesterol, asam urat dan gula darah.

“saya senang anak-anak rumah zakat sangat peduli sama kesehatan kami yang sudah tua-tua ini. Alhamdulillah bermanfaat sekali minuman ini bisa kami buat sendiri. Semoga anak-anak rumah zakat berkah ilmu dan rezekinya” ujar nenek Umroh (72) dengan senyum khas nya.

Lihat Juga :  Alternatif Benih Dengan Kultur Jaringan Hasilkan Produk Yang Berkualitas

“Kegiatan ini dimulai jam 9 sampai selesai, Acara dimulai dengan mengupas kelapa muda sebanyak 24 buah kelapa untuk persiapan kerumah lansia, diteruskan penyuluhan tentang pemanfaatan tanaman obat dipekarangan rumah oleh relawan kerumah lansia terdekat dan pemberian minuman sehat.

Kegiatan ini kita visit kepada 44 orang lansia yang terdiri dari 24 orang lansia perempuan dan 16 orang lansia laki-laki. Harapannya acara ini bisa kita laksanakan 2 minggu sekali sehingga lansia di desa ini semakin sadar akan kesehatan dan menjaga pola hidup sehat”, tutup Ari.

 

Penulis  : Medi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *