Uncategorized

Remaja Masa Kini Gandrungi Games Online

Oleh : Elma

Jurusan Ilmu Komunikasi

FISIP UIN Raden Fatah Palembang

Game Online adalah sebuah permainan berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual elektronik dan dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).

Kecanduan game online merupakan fenomena yang ada dan banyak terjadi di masyarakat, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Bagi para pecandu, bermain game online adalah segala-galanya, mereka kadang lupa melakukan tugas utama mereka, misalnya bekerja atau belajar, dan yang lebih parah lagi, mereka lupa untuk merawat diri mereka sendiri.

Terlalu asyik bermain game online menyebabkan pecandunya menjadi lupa mandi, makan, bahkan tidur.

Game online yang biasa dimainkan oleh pecandu biasanya adalah jenis game yang berkelanjutan dan dimainkan secara berkelompok selama berjam-jam.

Pemain dapat berasal dari berbagai negara yang terhubung secara online, mereka membentuk tim dan menyusun strategi, sehingga terbentuk interaksi sosial yang sifatnya virtual namun signifikan selama permainan berlangsung.

Di sisi lain, aktivitas ini memutus interaksi sosial pemain dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Pecandu game online akan duduk di depan komputer/Handphone selama berjam-jam bermain game online dan melalaikan tugasnya yang lain. Umumnya pecandu bermain game online lebih dari 8-10 jam perhari dan paling sedikit 30 jam perminggu. Apabila mereka dilarang untuk menggunakan komputer atau bermain game online, mereka menjadi gelisah dan mudah marah.

Lihat Juga :  Bahan 4 Batu Nisan Kuno Ditemukan di Galian Proyek IPAL ini Dipesan Khusus di Zamannya

Faktor risiko yang berpengaruh antara lain ketersediaan koneksi internet yang memungkinkan akses game online, remaja, dan laki-laki.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpuolan(akuisisi) pengolahan,penyimpanan,penyebaran dan penyajian informasi.

Pada tingkat global perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia dalam kehidupan sehari -hari, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun sosial. Terutama daolam mengolah dan menyebarkan informasi.

Teknologi informasi yang sangat berkembang saat ini membawa perubahan dan memberi pengaruh terhadap kehidupan sosial. Internet yang merupakan salah satu bentuk kecanggihan dari teknologi informasi, telah memberikan kemudahan untuk mengakses segala sesuatu yang bersifat informatif dan komunikatif, bagi siapapun, kapanpun dan di manapun.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda generasi bangsa, harus dapat memaanfaatkan fasilitas-fasilitas modern yang ada, dengan sebaik mungkin, untuk memajukan bangsa.

Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, semoga kita juga dapat mengembangkan wawasan kita sebgai generasi penerus, untuk ikut serta dalam Pembangunan Nasional.

Pinar Kirci dalam penelitiannya yang berjudul “Effects of computer and internet utilization over young people in world and Turkey: Considered with education and health applications”, menyampaikan bahwa remaja merupakan pengguna internet yang paling besar karena mereka lebih mudah dan tertarik terhadap kemajuan teknologi yang ada.

Lihat Juga :  Bahan 4 Batu Nisan Kuno Ditemukan di Galian Proyek IPAL ini Dipesan Khusus di Zamannya

Hal itu terlihat dari beberapa penelitian di sejumlah negara di Eropa dan Asia, misalnya Turki, Jerman, China dan Thailand. Penelitian itu mengungkapkan bahwa bahwa penikmat game online sebagian besar adalah remaja .

Berbeda dengan permainan tradisional yang cenderung mengandalkan kekuatan otot-otot tubuh, game online lebih banyak menggunakan kemampuan otak dalam berpikir dan kelincahan jari-jemari tangan dalam menekan tombol-tombol pada stik pengatur.

Bagi anak-anak kebanyakan, memainkan game online sangatlah menyenangkan karena mereka tidak perlu lagi beranjak dari tempat duduk, tidak merasa capek, berkeringat, atau khawatir terluka.

Dengan bermain game online, mereka juga bisa merasakan sensasi dunia yang berbeda dan Secara tidak langsung game online bisa dikatakan game yang addicted dimana mereka merasa permainan bisa berlanjut terus dengan mengharapkan bintang yang banyak serta keinginan untuk mencapai level tertinggi.

Di Indonesia, perkembangan game onlin emenjadi sangat pesat seiring munculnya game center yang menawarkan beragam permainan dengan harga terjangkau yang mudah diakses oleh anak-anak remaja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open