BERITA UTAMAPALEMBANG

Ratusan Siswa Abaikan Larangan Konvoi Kelulusan

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, sudah melarang siswa melakukan konvoi kendaraan guna merayakan kelulusan sekolah.

Meski begitu, larangan tersebut diabaikan karena ratusan siswa berseragam putih abu-abu melakukan konvoi di sejumlah ruas jalan di Palembang, Sabtu (4/5/2019).

Bahkan, ruas jalan dibuat macet di berbagai titik. Mulai dari ruas jalan Gubernur H Bastari, Jalan Merdeka dan lainnya. Bahkan, kepolisian lalu lintas sempat melakukan blokade di ruas jalan dekat eks wisata Taman Pelangi di Jakabaring.

Diketahui mereka yang melakukan konvli di ruas jalan Gubernur H Bastari hingga ke Jakabaring kemudian melewati kompleks OPI. Mereka mengenakan seragam putih abu-abu dan dengan khas coret-coret baju. Bahkan mereka tak segan mengibarkan bendera sekolah mereka.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Terpantau mereka mengibarkan bendera SMK Gajah Mada Palembang di punggungnya. Mereka pun nyaris tak memakai helm. Di tempat terpisah juga terlihat di ruas jalan Merdeka terlihat memenuhi ruas jalan. Parahnya mereka membawa umbul-umbul terlihat mereka dari SMK Bina Jaya Palembang.

“Pengumuman kelulusan tanggal 6 Mei. Kami melarang siswa untuk konvoi, selain membahayakan juga membuat macet jalanan,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo, MPd, saat dikonfirmasi, Minggu (5/5/2019).

Menurut Widodo, Dinas Pendidikan Sumsel dan sekolah sebenarnya sudah mengantisipasi terjadinya konvoi dengan pengumuman kelulusan di hari puasa.

“Kelulusan langsung ke alamat siswa masing-masing berdasarkan hasil UNBK mereka,” tandasnya.

Menurut Widodo, imbauan ke sekolah baik SMA dan SMK juga telah dilakukan agar tidak membudayakan konvoi dijalanan.

Lihat Juga :  Menang Adu Penalti, Timnas Indonesia Raih Perunggu

“Apalagi ini menyambut bulan puasa. Lebih baik mempersiapkan diri untuk bulan Ramadhan dan persiapan masuk perguruan tinggi atau yang mau memulai usaha bisa dipersiapkan dengan matang,” tegas Widodo.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *